Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bebas dari Disclaimer, Qurais akan Calonkan Diri?

Kota Bima, Bimakini.com.- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan kinerja keuangan Pemerintah Kota Bima dibandrol status menggembirakan, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) beberapa waktu lalu. Nah, akankah Wali Kota Bima, HM. Qurais, mencalonkan diri lagi untuk periode 2013-2018? Berdasarkan pidatonya beberapa tahun lalu, Qurais tidak akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bima lagi jika Kota Bima masih menyandang status disclaimer.

Saat ini, administrasi dan pengelolaan keuangan Pemkot Bima dinilai baik sehingga BPK menetapkannya tidak lagi dalam “kubangan kutukan? disclaimer.

Hingga saat ini Qurais, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Bima, belum resmi menyatakan sikapnya. Namun, dalam berbagai pernyataannya,  dia mengaku saat ini masih menjabat dan belum ada keinginannya untuk mencalonkan kembali. Jika Allah berkehendak lain, seperti duluan dipanggil kembali, maka segala sesuatu  akan batal.

Qurais juga hanya menginginkan dirinya menjadi Wali Kota Bima atas kehendak Allah melalui rakyat Kota Bima.

Menanggapi sikap Qurais, akademisi Universitas Mataram (Unram), Dr. Syachruddin, menilai langkah Qurais sudah tepat dengan tidak terlalu memikirkan pencalolan kembali, namun lebih fokus pada perbaikan sistem pengelolaan pemerintahan, sehingga hasilnya Kota Bima keluar dari disclaimer.

Tidak hanya itu. Katanya, belum adanya komitmen pencalonan sampai saat ini menggiring situasi politik Kota Bima masih kondusif, jika dibandingkan dengan daerah lain. Sejauh ini, sejak satu atau 1,5 tahun sebelum Pemilkuda, situasi politik pada daerah tertentu sudah memanas.

“Kalau beberapa bulan lalu Qurais sudah menetapkan dirinya akan mencalonkan diri, maka suhu politik sejak awal 2012 lalu sudah sangat panas. Namun, sampai saat ini Kota Bima masih kondusif dari pemanasan suhu politik,” ujarnya, Sabtu (16/6) melalui telepon seluler.

Akademisi STAIM Bima, Ilham, MPd.I, mengapresiasi yang dilakukan Qurais yang berserah diri kepada Allah terhadap kemungkinan pencalonannya. Sikap Qurais tidak ingin mendahului ketetapan Allah, bahkan mengapresiasi setiap pidatonya yang belum memiliki niat untuk maju dalam Pemilukada awal 2013 mendatang.

Berkaitan pidato Qurais yang tidak akan mencalonkan diri jika status disclaimer masih melekat pada Pemkot Bima, Ilham menilai itu adalah urusan pribadi Wali Kota. “Kalau Kota Bima sudah keluar dari disclaimer, belum tentu juga Qurais akan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Bima. Namun, kita akan melihat bersama perkembangan ke depan,” ujarnya. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemimpin pada tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wajib mengupayakan peningkatan kinerja, berakselerasi, dan mampu mengelola pekerjaan dengan seluruh perangkat  di...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima belum menerima  laporan dari SMK 45 Kota Bima  berkaitan dengan kasus oknum...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Fenomena kembalinya faham komunis mulai merebak  pada sejumlah daerah, termasuk wilayah Kabupaten Bima.  Meski Kota Bima tidak ditemukan sejumlah lambang komunisme,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, Senin (21/3/2016)  siang,  mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Raba Bima. Kehadiran Wali Kota...

Jalan-jalan

Tulisan ini merupakan bagian awal dari kisah yang lebih panjang tentang perjalanan Syahrir Idris menjelajah desa dan kota, pedalaman, dan pesisir Amerika. Selain itu, bunga...