Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Mapala Londa Imbau Masyarakat agar Lestarikan Lingkungan

Kota Bima, Bimakini.com.- Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Londa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan. Imbauan melalui aksi damai memeringati Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni itu, sebagai pesan moral mereka yang mencintai lingkungan hidup. Hal itu menyusul kerap terjadinya bencana akibat kerusakan lingkungan hidup.

       Aksi damai dalam bentuk longmarch sambil berorasi  soal pelestarian lingkungan itu dikawal aparat Polres Bima Kota.

        Sambil menyebarkan pamflet, Mapala Londa mengusung spanduk dan bola bumi sebagai simbolisasi tempat berpijaknya kehidupan makhluk hidup. “Mari kita menjaga dan melestarikan lingkungan,” ujar anggota Mapala Londa.

     Longmarch mereka awali dari sekretariat Mapala Londa ke Timur menyusuri jalan Soekarno-Hatta. Di depan kantor Dinas Kehutanan Kabupaten Bima, Mapala Londa menyampaikan aspirasi pemerintah mendukung dan proaktif menjaga dan melestarikan lingkungan.

                Menurut mereka, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum. “Kami peduli terhadap lingkungan hidup untuk keberlangsungan hidup manusia. Maka itu, kami mengajak seluruh komponen untuk bersama menjaga dan melestarikan lingkungan,” tandas anggota Mapala Londa.

     Aksi mereka disambut hangat pegawai Dishut Kabupaten Bima. Kepala Dinas setempat, Ir. Thamrin, dan stafnya keluar menemui Mapala Londa di depan pintu gerbang bagian kiri. Saat itu, Thamrin, mengapresiasi aksi, imbauan, dan ajakan Mapala Londa agar melestarikan lingkungan.

      Bahkan, Thamrin menyatakan kesanggupan untuk merehabilitasi kembali lingkungan, termasuk hutan yang rusak. Melalui beberapa program “Mari Menanam” yang telah disiapkan. Usai aksi, Mapala Londa kemudian membubarkan diri secara teratur menuju ke Timur. (BE.19)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.com.- Pendukung pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima, Indah Damayanti Putri dan Dahlan M Noer, memadati arena  rapat terbuka di lapangan...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Kondisi kekinian roda pemerintahan Kabupaten Bima dinilai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bima, Ady Mahyudi-A Zubair, merosot. Hakikat  pemerintah menjadi pelayan bagi...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Kampanye terbatas tahap  kedua di Kecamatan Langgudu,  Minggu (11/10/2015), dilakukan pasangan calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Bima, Syafrudin- Masykur (Syukur). Didesa setempat, mereka...

Politik

Bima, Bimakini.com.-      Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, Bima, Indah Damayanti Puri-Dahlan  dalam upaya memajukan taraf ekonomi rakyat akan menggenjot pembangunan infrastruktur, pertanian, dan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.com.- Bupati Bimam H Syafrudin HM Nur, mengisyaratkan  sebentar lagi masyarakat Bima akan menikmati layanan pesawat berbadan besar seperti berjenis Boeing.