Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Mantu Vs Mertua di Arena Pilkades Darussalam

Bima Bimakini.com.- Menantu dan mertua di Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima akan bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades). H. Abdurrahman dan Abdurrahman,  adalah mertua dan menantu yang akan bertarung dalam ajang demokrasi desa pemekaran Bontokape tersebut, Kamis (12/7) besok.

Mereka akan bertarung merebut 1.647pemilih. H. Abdurrahman  bernomor urut 2 dengan tanda gambar padi,  sedangkan Abdurrahman  nomor urut 1 bertanda gambar kelapa.

Sekretaris panitia Pilkades, M. Amin, S.Pd  menjelaskan seluruh tahapan pemilihan telah dilangsungkan, tanpa kendala berarti. Terakhir sebelum memasuki masa tenang selama dua hari, kedua kandidat diberikan kesempatan berkampanye. Namun, kampanye tidak dilakukan di tempat terbuka atau lapangan, tetapi di rumah masing-masing.  Abdurrahman diberikan waktu kampanye pada Minggu (9/7) pukul 17.30 WITA, sedangkan H. Abdurrahman berkampanye Senin (10/7) sore pukul 15.30 WITA. 

Diakui Amin, meski telah dilarang melakukan Konvoi dengan sepeda motor, tetapi tetap saja ada beberapa pendukung calon yang melanggar. “Kita segera menghubungi ketua tim sukses dan calon untuk menertibkan pendukung,” ujarnya di Desa Darussalam, Selasa (10/7).

Kampanye konvoi di jalanan dilarang  untuk menghindari gesekan antarpendukung  kedua calon.  “Kita juga tidak membolehkan kampanye konvoi guna menghindari kemungkinan perkelahian antarpendukung,” tambah Amin.

Diakuinya, meski antarkedua pemilih merupakan mertua dan menantu, namun tetap saja terjadi riak-riak kecil dalam proses pemilihan tersebut. “Kita tidak ingin terjadi gesekan yang terlalu keras antarpara pendukung calon yang nantinya meretakkan hubungan kedua calon,” ujarnya.

Meski pemilihan tinggal satu hari lagi, namun hingga Selasa (10/7) panitia masih merampungkan daftar pemilih tetap yang  terus berubah. Perubahan ini, menurut Amin, karena ada  pemilih yang berada di luar daerah tiba-tiba datang beberapa hari sebelum pemilihan. Mereka sengaja didatangkan oleh para calon untuk menambah suara mereka.

“Karena mereka itu adalah warga Darusalam yang sedang bekerja di luar daerah, kita masih memberikan kesempatan untuk memberikan hak suara,” ujarnya.

Amin menjanjikan pelaksanaan pemilihan akan berlangsung aman dan lancar. Untuk itu, akan mendatangkan aparat keamanan dari Polres Bima dan bantuan dari Koramil serta Polsek Bolo. “Kita berdoa semoga pemilihan akan berlangsung aman dan lancar, sehingga desa baru ini akan segera memiliki pemimpin,” pungkasnya. (BE.14)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Tahun ini, sebanyak 84 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada 255 dusun dengan 105.354 daftar pemilih tetap (DPT) menggelar tahapan pencoblosan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan serentak enam Kepala Desa se-Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Rabu (6/7/2022) disuksesi secara bersama oleh semua pihak dari Wakil Bupati yang turut...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 57 desa yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bima, 6 Juli 2022...