Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Rasabou Areal Bebas dari BAB Sembarangan

Dompu, Bimakini.com.- Desa Rasabou Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu  dideklarasikan sebagai wilayah terbebas dari perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Deklarasi itu dideklarasikan Selasa (10/7) yang dirangkai penerimaan 21 mahasiswa KKN Universitas Gajah Mada di desa setempat.

Camat Hu’u, M. Yasin, S.Sos, mengharapkan deklarasi  itu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya tidak membuang kotoran sembarangan. Gerakan itu bisa mengurangi berbagai wabah penyakit. Hingga bulan Mei tahun 2012,  masyarakat Hu’u yang tidak membuang BAB sembarangan sudah mencapai 99 persen. 

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang, mengatakan deklarasi  itu merupakan awal bagi masyarakat untuk hidup sehat dan tidak segera dilupakan. Mulai saat ini, dia mengajak membudayakan rasa malu dengan tidak membuang BAB pada  sembarang tempat.

Bupati mengapresiasi PLAN  yang peduli terhadap kondisi masyarakat dan menerima kehadiran mahasiswa KKN UGM dengan “tangan terbuka”.

Saat itu, Bupati juga ikut menyosialisasikan  soal tambang emas di Hu’u. “Saya harap kepada seluruh masyarakat  agar mendukung keberadaan tambang emas,” harapnya.

Dia  Bupati menggarisbawahi pernyataannya bahwa tidak ada  pemerintah manapun yang ingin menyengsarakan masyarakat, karena itu tambang itu bertujuan menyejahterakan.

Usai acara di Desa Rasabou, Bupati dan rombongan meninjau lokasi pembangunan talud pengairan yang dikelola oleh kelompok Ndano Dae II sepanjang 105 meter dengan anggaran Rp30juta.

Bupati mengharapkan masyarakat setempat  agar menjaga saluran irigasi yang telah dibangun itu dan dimanfaatkan  semaksimal mungkin.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menerima laporan dari  pelaksana proyek optimalisasi lahan 25 hektare dengan anggaran Rp56 juta di so Ndano Nae II dusun Owo Desa Mbawi, “Saya minta masyarakat memanfaatkan dana optimalisasi ini karena ini dana Bansos,” harapnya. (BE.15)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Kondisi kesehatan lingkungan Desa Jia Kecamatan Sape Kabupaten Bima masih buruk. Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) atau sekitar 600 jiwa masih terlibat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ketua Badan Amil Zakat Nasuonal ( Baznas) Kabupaten Bima, H. Abubakar H. Usman, menilai munculnya riak atau gejolak terkait dengan dana Zakat...

Jalan-jalan

Tulisan ini merupakan bagian awal dari kisah yang lebih panjang tentang perjalanan Syahrir Idris menjelajah desa dan kota, pedalaman, dan pesisir Amerika. Selain itu, bunga...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Hingga kini, Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima belum menerima salinan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pasangan calon Bupati dan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.- Satu lagi yang membanggakan bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima, tahun ajaran baru 2015 ini akan menerima program Fulbright...