Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Teladani Orang Eropa dalam hal Kebersihan!

Kota Bima, Bimakini.com.-

Ini permintaan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan. dan Pemakaman (DKPP) Kota Bima, Ir. Hj. Siti Jaenab. Masyarakat Kota Bima agar meneladani masyarakat Eropa dalam menerapkan kebersihan di tempat umum. Perilaku hidup bersih masyarakat Eropa diakui dunia, puntung sampah sisa makanan maupun sampah lainnya akan dikantungi jika tidak terdapat tong atau bak sampah di sekitarnya.

 “Mereka akan membuang sampah tersebut jika bak sampah ditemukannya, hal itu sangat bertolak belakang dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya dan Kota Bima pada khususnya,” ujarnya Minggu (15/7) di Monggonao.

Dikatakannya, perilaku itu sangat pantas dicontohi dalam rangka menciptakan kebersihan di wilayah Kota Bima. POerilaku itu memang saat ini susah dilakukan, namun secara perlahan-lahan untuk menciptakan kebiasaan baru yang lebih baik diyakininya pasti bisa.

Jaenab sangat menginginkan hal itu diwujudkan oleh masyarakat Kota Bima dan ke depan akan mencoba menyosialisasikan masyarakat agar gemar hidup bersih di tempat umum.  Kebiasaan buruk membuang sampah pada sembarang tempat perlu diubah dalam rangka mewujudkan Kota Bima yang bersih.

“Kebiasaan kita, sampah sisa makanan semau kita membuang dimana saja. Padahal, itu perilaku buruk dan kita harus bisa mengubahnya, karena tidak selamanya kita harus hidup dengan gaya seperti itu,” ungkapnya.

Dijelaskannya setiap hari tetap ada sampah sisa makanan yang berserakan di jalan protokol dan jalan Kelurahan, hal itu menjadi pemandangan buruk bagi semua pihak. Pendekatan melalui lembaga pendidikan akan dicoba dilakukan agar seluruh siswa bisa menerapkan pola seperti orang Eropa.

Dia juga mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun juga masyarakat. Jika Kota Bima bersih, maka berbagai macam wabah penyakit bisa diminimalisasi. Namun, sebaliknya jika kotor akan banyak wabah penyakit yang bermunculan.

“Sebenarnya untuk hidup bersih itu sangat mudah, namun perlu tekad dan kemauan keras, itu harus kita ubah perlahan-lahan,” katanya. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen (CALEG PKS DAPIL III) Salah satu program prioritas Pj Walikota Bima adalah masalah kebersihan, artinya program tersebut bersifat signifikan. Guna...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH., memimpin Apel “Gerakan Masyarakat Jum’at Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian)” di Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan program kerja selama Tahun 2024 berjalan maksimal dan terukur, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs HM Taufik, MSi, tiba-tiba masuk di sejumlah ruangan di lingkungan Kantor Bupati Bima, Selasa (9/10)...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu bentuk kepedulian lingkungan, Klinik Salmah Husada memogramkan Gerakan Bersih Masjid (GBM). Ini telah menjadi komitmen sosial, selain fungsi...