Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Keberhasilan UKM Mencapai 70 Persen

Kota Bima, Bimakini.com.-  Pertumbuhan Industri Kecil-Menengah (IKM) dan Usaha Kecil-Menengah (UKM) di Kota Bima menunjukkan angka signifikan. Berdasarkan data Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) pertumbuhan itu mencapai 70 persen.

Kepala Diskoperindag Kota Bima, Drs. M. Farid, M.Si, menyatakan, pertumbuhan tersebut didukung penetrasi pemerintah melalui penyiapan dana bergulir, stimulant, dan pelatihan keterampilan. “Almadulillah efektivitas keberhasilan program pengembangan IKM dan UKM mencapai 70 persen, sinkron dengan pertumbuhannya,” ujar Farid di Diskoperindag, kemarin.

      Dikatakannya, satu di antara parameter mengukur pertumbuhan itu merujuk persentase angka pengembalian bantuan bergulir oleh UKM dan IKM. Sebelumnya, untuk mendukung dan merangsang pertumbuhan industri kecil dan wirausaha baru, belum lama ini SKPD setempat mengirim sedikitnya 31 UKM untuk mengikuti pelatihan keterampilan tata boga, konvensi, otomotif dan perbengkelan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Selain itu, bagi yang belum diakomodir melalui pelatihan yang dilaksanakan tingkat provinsi, akan kami tampung dalam program pelatihan yang kami laksanakan sendiri. Setelah mengikuti pelatihan mereka akan diberikan bantuan modal, sebelumnnya beberapa orang juga sudah diberikan bantuan yang sama saat hari Koperasi UKM beberapa waktu lalu,” katanya.

     Farid mengatakan, untuk mendorong penyesahatan dan pertumbuhan koperasi, SKPD setempat juga mengirim sedikitnya 49 pengurus koperasi untuk mengikuti pelatihan. “Selain bantuan bagi UKM, pemerintah juga menyiapkan bantuan dana bergulir bagi kelompok bakulan,” katanya.

     Dia memastikan, tidak ada tumpang-tindih penerima bantuan, karena jumlah sasaran banyak. Selain itu, memiliki parameter yang berbeda. Jika sebagian masyarakat ekonomi lemah tidak mendapat bantuan pada Diskoperindag, bisa saja terakomidir melalui program SKPD lain. “Tidak sampai tumpang-tindih karena jumlahya banyak. Ada beberapa asumsi masyakat yang harus diluruskan, tidak begitu memasukan proposal langsung mendapat bantuan karena terbatasnya anggaran. Jadi ada skala prioritas, bisa saja tahun depan,” katanya. (BE.17)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dekranasda Kota Bima memberikan bantuan alat usaha bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Ruang Terbuka Publik (RTP) Taman Kodo Kelurahan Kodo,...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Meskipun belakangan ini, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota dan Kabupaten Bima banyak berkembang dan kian kreatif, namun jua...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rada Kecamatan Bolo menyerahkan bantuan modal bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), di Aula kantor desa setempat, Kamis (10/1). Bantauan...

Peristiwa

Sape, Bimakini.com.- Hingga hari ke-4 Posko Komunitas Pramuka Peduli telah mengumpulkan berbagai sumbangan dari berbagai  Gugus Depan di masing – masing Kwartir Ranting di...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Ini akibat dari musim kemarau panjang yang kini dialami masyarakat Kabupaten Dompu. Penurunan kapasitas air di wilayah itu kini hingga 40 persen.