Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Ingin Buktikan Potensi Indonesia dengan Kayuh Sepeda

Bersepeda berkeliling Indonesia, ternyata benar-benar diminati banyak orang. Sebelumnya dua pemuda Bogor singgah di Bima, kini menyusul mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB),  Anggi Putra (23 tahun). Ingin berkeliling Indonesia dengan sepeda.

Oleh: Sofiyan Asy’ari

Indonesia kaya, memiliki keragaman luar biasa, masyarakat yang ramah, kerap dislogankan. Hal ini rupanya tertanam kuat pada Anggi Putra sejak kecil. Namun, mahasiswa IPB semester Sembilan ini, masih penasaran. Benarkah Indonesia itu luas, karena baru dilihatnya lewat peta.

Di IPB pun, Anggi bergabung dengan komunitas pecinta alam. Mulailah dirasakannya “aroma” alam yang mengasyikkan. Kekagumannya pada flora dan fauna kian kuat. Hasrat pun membuncah, ingin berkeliling Indonesia. Namun dengan sepeda, sekaligus menjawab keinginannnya sejak kecil.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Anggi memilih untuk cuti. Pihak kampuspun memberi restu. Perjalanan dimulainya 4 September 2012, menuju arah Timur Indonesia. Ekspedisi ini dinamakannya “Indonseia Montain Bike”.

“Waktu kecil saya ingin mengenal Indonesia seperti apa. Saya ingin membuktikan apakah Indonesia benar-benar kaya, masyarakatnya ramah atau sebaliknya,” ujarnya ketika singgah di toko sepeda Gearbox, Jumat (9/11) sore, sebelum melanjutkan perjalanan ke Sape, selanjutnya menyeberang ke Bajo-NTT.

Selain itu, dia juga ingin melihat potensi-potensi yang dimiliki setiap daerah di tanah air. Seperti halnya  berkunjung ke Gunung Tambora, menemukan jenis tanaman langka. Bahkan sebelumnya ketika memelajari tentang jenis tanaman, terdapat tumbuhan parasit di Gunung Salak dan dikatakan tidak terdapat ditempat lain. “Rupanya tumbuhan itu terdapat juga di Tambora,” katanya.

Jenis tanaman itu, kata dia, mirip raplesia, hanya saja kalah pamor. Lewat tour sepeda, berharap menjumpai banyak hal lagi, sehingga bisa terjawab tentang rasa penasarannya dengan Indonesia. Diharapkannya, bisa menuntaskan ekspedisi ini sebelum masa cutinya berakhir, karena harus menyelesaikan tugas akhir. “Keliling dengan sepeda itu, tidak cepat dan tidak juga lambat,” katanya.

Selain itu, kata dia, dengan ekspedisi ini sekaligus ingin mengajak masyarakat bersepeda. Selain sehat, ramah lingkungan dan menyenangkan.

Kesannya tentang Bima, masyarakatnya ramah. Sifat ramah itu, dinilainya sebagai karakter masyarakat Indonesia yang menghormati pendatang. “Kesan tentang Bima selain panas, orangnya ramah dengan pendatang,” ungkapnya.

Dari semua daerah yang sudah dilintasi, Bali menyuguhkan medan paling berat. Selanjutnya di sebagian Sumbawa. “Pengalaman lainnya, ban kempes, kadang dicurigai dan diajak berbahasa daerah yang saya tidak mengerti,” ujarnya.

Menemani perjalannya, Anggi menyiapkan perlengkapan, seperti matras untuk tidur, tenda dan keperluan lainnya. Tidak lupa di belakang sepedanya, dipasang bendera merah putih. (*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menaruh perhatian pada penyelenggaraan kegiatan sepeda internasional, Enduro 2020. Pemprov NTB siap mendukung kegiatan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Nur Kholis, asal Indramayu, sudah lebih enam bulan mengayu pedal dari Sabang, Aceh, hingga tiba di Bima, 1 Januari 2020. Pria...

Peristiwa

SEMPAT meneteskan air mata ketika menyaksikan Palu yang porak poranda dari kaca pesawat sebelum mebdarat di kota itu. Hari pertama tiba, langsung menangani pasien...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Ingat akan almamaternya, Owner Ulet Jaya Bima (OJB), Iman Soryo Wibisono, menyerahkan bantuan paket buku tulis untuk siswa SDN 55 Kota...

Olahraga & Kesehatan

Dompu, Bimakini.com.- Pemuda dan remaja Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu menggelar lomba Sepeda Cross se-Pulau Sumbawa. Lomba itu memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI...