Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Cuaca Buruk, BPBD Siap Siaga

Kota Bima, Bimakini.com.-  Mengantisipasi dampak  perubahan cuaca pada awal tahun 2013, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima siap siaga menjaga segala kemungkinan buruk. Kepala BPBD Kota Bima, Drs. H. Fakhrunrazi, menjelaskan,  pihaknya  diperintahkan  Wali Kota Bima agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya  bencana alam. Bencana tersebut berupa banjir, tanah longsor, angin rebut atau puting-beliung.

Untuk menjaga kemungkinan tersebut, jelasnya, semua personel BPBD telah disiagakan  dan  peralatan penunjang operasional mapun evakuasi siap digunakan bila bencana terjadi. “Karena bencana biasanya datang tiba-tiba, maka personel kami siap tiap saat. Peralatan tanggap darurat di darat maupun air juga telah disiapkan. Begitu juga dengan bantuan bagi para korban,” ujarnya di Penaraga, Rabu (9/1).

Dia mengimbau masyarakat segera melapor  bila menjadi korban bencana atau melihat kondisi kedaruratan akibat bencana alam. Diakuinya, sejak beberapa hari terakhir telah  mendapat sejumlah laporan  kerusakan akibat  cuaca buruk, namun laporan baru   terbatas pada kerusakan sarana pertanianian dan pengairan.  BPBD langsung merespons laporan tersebut dan mengunjungi lokasi  untuk mendata.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

    Selain itu, katanya, ada laporan kerusakan rumah di pemukiman warga sekitar pantai  dan sudah langsung  didata dan  diberikan bantuan.  Khusus pada para nelayan saat  ini agar selalu waspada jika hendak melaut. “Lihat dulu keadaan cuaca dan koordinasi dengan Administrator Pelabuhan untuk mengetahui perkembangan cuaca di laut,” ujarnya.

     Namun, jika akibat cuaca buruk ini berlangsung lama dan berdampak terhadap kehidupan  para nelayan, maka pemerintah akan memberikan bantuan  tanggap darurat berupa  kebutuhan pokok. “Ini merupakan bagian dari perhatian pemerintah terhadap para nelayan yang menggantungkan hidupnya pada  keramahan laut,” ujarnya.

    Selain yang bersifat tanggap darurat, BPBD juga senantiasa mengantisipasi bencana dengan berkoordinasi dengan  sektor lain. Seperti membersihkan got-got yang tersumbat agar aliran air tidak tertahan, sehinggga menggenangi pemukiman penduduk, juga normalisasi alur sungai yang dangkal menyempit akibat sampah maupun karena pemukiman penduduk.

“Sementara jangka panjang adalah  dengan bekerja sama dengan dinas kehutanan  melakukan penghijauan di sekitar kawasan hutan,” katanya. 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

    Pantauan Bimakini.com, Rabu (9/1) sejumlah dahan pohon patah dan saat angin kencang menerpa wilayah Kota Bima. Selain itu, sejumlah baligo yang dipasang sejumlah tim sukses bakal calon Wali Kota rubuh dan patah. (BE.14)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Masyarakat Dompo diharapkan mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir  ini. Apalagi perubahan cuuaca bisa terjadi sewaktu-waktu. Kabag Humas Setda Dompu,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- BMKG Praya, Lombok Tengah, NTB, mengeluarkan rilis, Selasa (19/12) tentang adanya Palung tekanan rendah yang memanjang dari perairan sebelah Barat Pulau Sumatera hingga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Tidak saja nelayan yang merasakan akibat cuaca ekstrim di Utara laut Bima. Sejumlah kapal dagang juga ditunda pelayarannya. Kantor Syahbandar Pelabuhan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Prakirawan – Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima merilis informasi cuaca saat ini, Selasa (17/1/2017) siang. Peringatan Dini Cuaca NTB tanggal 17...