Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Panwascam Diharapkan Bekerja Penuh Integritas

Kota Bima, Bimakini.com.-Tugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sangatlah penting dalam membantu pengawasan di wilayah masing-masing. Mereka merupakan ‘ujung tombak’ yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, diharapkan dapat mengemban tugas dengan penuh integritas.

Demikian harapan Ketua Panwaslu Kota Bima, Drs. Arif Sukirman, MH, usai melantik 15 anggota Panwascam di Hotel Permata, Jumat (18/1) pagi.
Dia berpesan kepada semua anggota Panwascam agar tidak mudah tergoda dengan persoalan yang merusak integritas lembaga pengawas tersebut. Panwaslu harus bekerja sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga bisa mendapat kepercayaan masyarakat.
Katanya, dalam melaksanakan tugas Panwascam harus bersikap arif, tidak diskriminatif, dan bekerja berdasarkan aturan (rule of law). Siapapun yang terbukti melanggar mesti diproses. Selain bisa bangun kerjasama dengan pemangku kepentingan di kecamatan.
Untuk itu, anggota harus menunjukkan integritas tinggi dan berpedoman pada aturan yang berlaku. “Siapapun tidak akan bisa merayu Panwaslu kalaupun dirayu kita bermain pada tataran normatif saja,” tegasnya.
Ketua Panitia Pelantikan, Megawati, SH, mengatakan anggota Panwascam yang telah dilantik adalah yang lolos dalam proses selesksi ketat. Tahapan proses seleksi diawali sejak tanggal 12 Desember 2012 lalu dengan pengumuman melalui media massa, radio, dan bentuk pengumuman lainnya.
Dari hasil pengumuman tersebut, diakuinya, antusiasme masyarakat menjadi anggota Panwascam relatif  tinggi. Hal itu terbukti sebanyak 72 orang mengambil formulir, meskipun yang mengembalikan hanya 53 orang. Dari 53 orang itu panitia menyeleksi syarat administrasi dan 51 orang diyatakan lolos.
Tahapan selanjutnya diseleksi dengan tes tertulis dan hanya 30 orang yang lolos. Terakhir para peserta mengikuti tahapan seleksi tes kelayakan dan kepatutan (fit dan proper test) sehingga dihasilkan 15 orang anggota yang kini dilantik.
“Kami berharap kepada anggota Panwascam yang baru dilantik dapat menunjukan dedikasi dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu di wilayah masing-masing,” harapnya. (BE.20)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita mengelar diskusi mimbar pemilih cerdas (smart voters) di aula Kantor Camat Woha, Sabtu (21/11/2015)....

Sudut Pandang

Oleh: Sofiyan Asy’ari Seorang teman bercerita penuh semangat. Pola kepemimpinan kepala daerah itu tidak mesti ruwet, birokratis, sok berjarak dengan rakyat, dan keruwetan lainnya....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Untuk menghilangkan kesan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai organisasi yang elit, ada satu gebrakan yang dilakukan pengurus ditingkat Kota Bima....

Politik

Bima, Bimakini.com.- Pakta Integritas bersama menerima hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ditandatangani saat acara Dialog Publik Pusat Studi Konflik Agama dan Budaya (PUSKAB)...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Penyelenggara Pemilukada Kota Bima, baik KPU dan Panwaslu agar penuh pertimbangan sebelum mengeluarkan satu keputusan atau kebijakan. Pasalnya, kebijakan atau keputusan...