Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Evaluasi KIA dan Rencana Pengembangan Informasi Dibahas

Bima, Bimakini.com.-  Evaluasi pelayanan kesehatan ibu dan anak tahun 2012 dan rencana pengembangan informasi serta konsultasi pelayanan kesehatan tahun 2013, dibahas. Pertemuan konsultasi itu diikuti 130 petugas kesehatan mulai dari Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) hingga Puskesmas se-Kabupaten Bima. Pembukaan kegiatan  itu dilakukan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Keluarga, M. Saleh, M.AP, di aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu (13/3).

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Anak dan Usila Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Umar, S.KM, mengatakan dalam evaluasi itu membahas tentang kinerja dan pelayanan yang dilakukan bidan dan tenaga kesehatan, terutama yang berkaitan dengan persiapan survai kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI pada bulan Mei mendatang.
Sebelum pelayanan kesehatan itu dievaluasi, kata dia, maka diperlukan konsultasi dan evaluasi agar petugas memaksimalkan kinerja pelayanan kesehatan kepada warga, Poskesdes hingga Puskesmas. Terutama teknis pelaksanaan deteksi dini mengenai tumbuh-kembang anak.
Selain itu, terangnya, evaluasi pelayanan tahun 2012 itu penting agar berbagai masalah yang ditemui bisa diantisipasi pada pelayanan kesehatan tahun 2013, termasuk penyeliaan fasilitatif ke Puskesmas hingga ke Poskesdes. Evaluasi ini diharapkan ada perbaikan hingga dapat meningkatkan kinerja dan pencapaian target, sehingga pelayanan kesehatan pada tahun berikutnya lebih baik lagi.
     “Melalui pertemuan dan evaluasi ini pemerataan informasi mengenai ibu dan anak sampai ke tingkat desa, sehingga kualitas pelayanan bisa ditingkatkan lagi,” katanya.
      Hal senada dikemukakan Kasi Kesehatan Ibu dan KB, Fatmah, AMd. Kep. Pertemuan seperti ini, katanya, petugas bisa berbagi pengalaman sekaligus mengevaluasi kinerja selama ini. Sebaik apapun pelayanan, masih tetap ada keluhan masyarakat.
    “Keluhan seperti itulah yang perlu disikapi arif dan bijak oleh petugas dengan memaksimalkan kinerja pelayanan,” katanya saat menyampaikan materi berkaitan dengan kesehatan ibu dan KB, di aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Komisi Informasi (KI) NTB bekerjasama BPMDes Bima menggelar lokakarya Inplementasi keterbukaan informasi publik (KIP), Rabu (7/9/2016). Kegiatan yang diikuti 191 desa se...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Program pemberian tunjangan profesi menjadi sorotan 3,7 juta guru di Indonesia. Hal itu setelah munculnya kabar akan dihapuskan oleh Mendikbud Muhajir Effendy....

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...