Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Komitmen GEMA PIS untuk Demokrasi Bersih

Sejumlah Elemen yang tergabung di Gemas PIS Pose Bersama

Kota Bima, Bimakini.com.-  Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat lokal dan nasional yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (GEMA PIS), mengaku siap mengawal proses demokrasi bersih yang sebentar lagi akan digelar di Kota Bima dan Provinsi NTB. Hal itu bertujuan demi menghasilkan pemimpin daerah yang cerdas dan berkualitas.

Anggota GEMA PIS, Abdullah, SH, menilai lahirnya pemimpin cerdas dan bekualitas merupakan harapan bersama masyarakat. Atas dasar kesadaran itu, sekitar 40 OKP membentuk forum khusus  untuk menyatukan persepsi karena memiliki kesadaran yang sama membangun daerah yang lebih maju.
“Sekarang kita sedang konsolidasi membahas agenda bersama mengawal proses demokrasi yang sebentar lagi digelar. Kita berharap forum ini bisa menjadi titik awal untuk membangun kedewasaan berpolitik kita semua,” ungkap Abdullah yang juga Ketua Pemuda Muhammadiyah Bima di Kelurahan Monggonao, Kamis (14/3) siang.
Dikatakan Abdullah, menjelang pesta demokrasi bulan Mei mendatang, berbagai agenda telah disiapkan. Di antaranya menggelar diskusi tentang pentingnya Pemilu bersih, anti-politik uang, dan aksi moral pada tanggal 20 Maret mendatang. Nanti  akan membentangkan kain putih sepanjang 200 meter untuk dibubuhi tanda- tangan masyarakat sebagai bentuk dukungan gerakan tersebut.
Selain itu, terangnya, GEMA PIS bersama lembaga penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Panwaslu akan menandatangani Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen bersama. Bahkan, semua pasangan bakal calon yang akan berkompentisi diupayakan untuk terlibat di dalamnya.
Ketua Komunitas Babuju, Julhaidin, SE, menilai Kota Bima merupakan kota semi-mertropolis yang di dalamnya terdapat banyak orang-orang cerdas. Kecerdasan itu mesti diimplementasikan pada berbagai aspek, terutama dalam politik. Ketika masyarakat memilih pemimpin sama halnya menyerahkan setengah dari kemerdekaannya.
“Karena masyarakat kita harapkan jangan sampai salah memilih pemimpin. Kita harus ingat bahwa adanya pemimpin cerdas karena dipilih masyarakat yang cerdas,” ujarnya.
Ketua DPD KNPI Kota Bima, Syarifuddin Laquy, SH, mengaku merespons positif terbentuknya forum  itu  sebagai wadah mengampanyekan Pemilu bersih. Sebagai organisasi berhimpun berbagai OKP, KNPI meminta semua pihak bisa ikut mendukung langkah positif tersebut demi terwujudnya daerah dan pemimpin bermartabat. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : M Tahir Irhas, SAg, MPd Nihilisme, anomali domokrasi dan tanggung jawab kaum intelektual merupakan kata-kata yang sudah sangat populer dalam pikiran dan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimkini.com.- Sekitar 50 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengikuti pelatihan koramil model.  Sebelumnya mereka mengikuti materi ruangan atau teori, kemarin mereka mendapat...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Rumah Cita dan Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) kembali menggelar aksi bagi bunga pesan Pilkada Damai. Jika sebelumnya di Tente, kini aksi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Komunitas Pramuka Peduli menyiapkan program penggalangan dana Satu Koin Untuk Duka Bajo Pulo.    Sebelumnya, membersihkan lokasi Posko bantuan bencana dan menyiapkan masjid...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita terus gencar melakukan kegiatan untuk mendorong partisipasi pemilih. Termasuk kalangan pelajar di SMAN 1...