Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub terus Dilakukan

Bima, Bimakini.com.-  Pemutakhiran data pemilih pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, pada beberapa kecamatan di Kabupaten Bima terus dibenahi. Terutama pemutakhiran data pemilih tambahan. Hal itu dilakuka agar saat rapat pleno penetapan dan pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tanggal 22 Maret mendatang, tidak lagi ada masalah.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Belo, Ahmad, S. Ag, mengatakan, di Kecamatan Belo ada 44 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada sembilan desa. Data sementara hasil pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) jumlah pemilih di Kecamatan Belo sebanyak 18.639 pemilih. Jumlah ini bisa saja bertambah dan berkurang bergantung hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS pada pleno perbaikan dan pleno Daftar Pemilih Tambahan.
    “Saat ini sedang merampungkan pengetikan hasil pendataan yang diisi pada format A3.2 Kwk-KPU plus model A.2 kwk-KPU yang akan menjadi draf DPT (A.3),” ujarnya melalui telepon seluler, Senin (18/3) tadi malam.
    Semua data itu, terangnya, akan disampaikan kepada PPK dan KPU dalam bentuk soft copy (flash disk) yang disimpan dalam format seragam yang telah dikirimkan KPU kepada PPK hingga digunakan PPS dalam mengisi hasil pemutakhiran seluruh data pemilih pada setiap TPS.
    Data dalam bentuk soft copy itu, katanya, akan diserahkan kepada KPU saat rapat koordinasi yang digelar di kantor KPU Kabupaten Bima di jalan Sultan Muhammad Salahuddin Desa Panda Kecamatan Palibelo, Rabu (20/3) besok. Jumlah pemilih di Kecamatan Belo bisa saja bertambah dan bisa juga berkurang.
    “Dalam beberapa hari terakhir, kita terus bekerja keras menuntaskan pengetikan hingga diperoleh draf DPT, sehingga sebelum pleno penetapan dan pengesahan DPT tidak ada lagi masalah,”katanya.
    Hal senada dikemukakan anggota PPK Wawo, Khairunnas, S.Sos. Katanya, seluruh PPS sedang bekerja siang dan malam melakukan  pengetikan sekaligus memlototi data yang ada agar tidak ada lagi kesalahan pengetikan nama, alamat, dan lainnya. Data yang diketik itu merupakan data akurat dan valid, sehingga seluruh data yang ada pada setiap TPS bisa diplenokan menjadi DPT pada tanggal 22 Maret mendatang.
    “Dari sembilan PPS dan 30 TPS kita  terus memantau sesuai desa binaan yang dilakukan PPK. Kita berharap Selasa besok (hari ini, Red) bisa menyelesaikan pengetikan,” katanya. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.com.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar rekapitulasi surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima, Rabu (16/12/2015). Dari 18 kecamatan,  tujuh...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita terus gencar melakukan kegiatan untuk mendorong partisipasi pemilih. Termasuk kalangan pelajar di SMAN 1...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima dan Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) menggelar sosialisasi bagi Pemilih Pemula di SMAN 1 Wawo, Selasa...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) dan Rumah Cita mengelar diskusi mimbar pemilih cerdas (smart voters) di aula Kantor Camat Woha, Sabtu (21/11/2015)....

Politik

Bima, Bimakini.com.- Kualitas pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bima, tidak saja ditentukan oleh tingkat partisipasi, namun ditentukan kecerdasan dalam memilih. Pemilih cerdas itu, tidak...