Pendidikan

Mansyur Optimis MAN 1 Bisa Capai Hasil UN Maksimal

Kota Bima, Bimakini.com.- Meski pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK/MA sederajat tahun ini tidak berlangsung mulus, tetapi banyak sekolah optimis hasil yang dicapai tetap memuaskan. Seperti disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima, Mansyur, S.Ag.

Menurut mantan Kepala MTsN 1 Kota Bima ini kendala teknis yang dihadapi pada saat UN pekan lalu tidak akan terlalu berpengaruh pada pencapaian hasil ujian. Pelaksanaan ujian hanya diundur waktunya, sehingga hanya berpengaruh pada persoalan teknis saja.
Siswa diakui tetap fokus mengerjakan soal dengan persiapan yang dilakukan sebelumnya.
Berkaitan dengan mental dan psikologi siswa yang terganggu, dinilainya hanya kekuatiran berlebihan saja. Pihaknya setiap waktu selalu membangun kepercayaan diri siswa untuk menghadapi ujian meski dengan tingkat kesulitannya tinggi.
      “Saya begitu optimis pencapaian hasil UN tetap memuaskan karena semua siswa disiapkan dengan baik untuk menghadapi ujian. Kendala kemarin tidak akan berpengaruh bagi kami,” ujarnya ditemui di sekolah setempat, Senin (29/4) pagi.
     Khusus di MAN 1, terangnya, pelaksanaan ujian berjalan lancar hingga hari terakhir. Peserta sebanyak 245 siswa hadir lengkap, meski ada satu siswa yang sempat sakit, tetapi tetap menyelesaikan ujian. Kendala kekurangan soal juga sempat terjadi tetapi hanya satu paket dan telah disiasati dengan fotokopi.
      Bagaimana dengan proses pelaksanaannya? Mansyur menjamin, pelaksanaan UN di MAN 1 berlangsung jujur dan bersih. Meski sempat ada isu kebocoran soal dan kunci jawaban yang sempat berhembus, tetapi pihaknya meyakinkan siswa agar selalu percaya dengan kemampuan diri.
     “Kami tidak ingin hasil UN diciderai sikap tidak sportif karena ini akan menentukan masa depan siswa,” sambungnya.
     Sebagai sekolah berbasis Islam, diakuinya, pengembangan diri siswa sudah pasti mesti berjalan seimbang antara aspek akademik dengan aspek moral dan akhlak. Siswa akan ditempa kemampuan akademik dan dibekali keteladanan akhlak. (BE.20)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top