Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima Raih Sertifikat Adipura

Kota Bima, Bimeks.-

Satu pencapaian kembali ditoreh oleh Pemerintah Kota Bima. Senin (10/6) lalu di Istana Negara, Jakarta, Kota Bima dinyatakan sebagai satu di antara peraih Sertifikat Adipura. Itu berarti selangkah lagi meraih Piala Adipura.

Penyerahan sertifikat itu dilakukan saat peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-Dunia tahun 2013, pada acara Malam Anugerah Lingkungan yang berlangsung pada hari yang sama di Hotel Bidakara, Jakarta.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Kota Bima, Drs. Is Fahmin, mengatakan Menteri Lingkungan Hidup menyerahkan langsung penghargaan 18 Nominator Kalpataru, 39 kota penerima sertifikat Adipura, 109 kota penerima Anugerah Adipura, dan 19 kota penerima plakat Adipura, 98 penerima penghargaan Adiwiyata, dan 20 plakat kepada penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik yang terdiri dari 3 provinsi dan 17 kabupaten/kota.

Katanya, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhonono, memimpin acara itu dan memberikan penghargaan pada para pihak yang telah berusaha dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup. Penghargaan yang disampaikan kepada individu, kelompok maupun perwakilan Pemerintah Daerah ini adalah Penghargaan Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Anugerah Adipura, Adiwiyata Mandiri, dan Sertifikat Adipura.

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, dalam laporannya menyampaikan, peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Indonesia mengusung tema  mengubah perilaku dan pola konsumsi untuk menyelamatkan lingkungan. Tema ini bertujuan untuk menggugah kesadaran  soal pentingnya menyikapi pemanfaatan sumberdaya alam termasuk penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta pemanfaatan bahan makanan secara bijak.

Katanya, makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan. Tema tersebut selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think, Eat, Save”.

“Kota Bima merupakan satu dari empat kota di wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang menerima sertifikat Adipura pada tahun 2013. Ketiga kota lainnya adalah Kota Denpasar, Kupang, dan Buleleng,” kata Is Fahmin dalam pernyataan pers, kemarin.

Wali Kota Bima, HM. Qurais, yang menerima langsung perhargaan ini menyatakan rasa bangganya dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Bima, terutama kepada para petugas kebersihan dan pelestari lingkungan yang bekerja tidak kenal lelah menjaga kebersihan dan keteduhan Kota Bima.

Dia pun menitip harapan semoga masyarakat Kota Bima semakin giat menjaga kebersihan lingkungan serta rajin menanam. Pencapaian yang membanggakan ini menjadi tanda bahwa tinggal selangkah lagi akan mampu membawa piala Adipura ke kota Bima.

“Oleh karenanya dukungan dan kerja keras dari semua elemen sangat dibutuhkan,” katanya dikutip Is Fahmin. (BE.12)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...