Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Ribuan Ternak Bima Dikirim ke Luar Daerah

Ilustrasi

Ilustrasi

Bima, Bimakini.com.- Menjelang Idul Adha 1437 Hijriyah, sebanyak 5.320 ekor ternak potong dikirim ke luar daerah. Dari jumlah tersebut, 4.620 ekor dikirim ke Pulau Jawa, 700 ekor lainnya dikirim ke pulau Kalimantan.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Ir Baharuddin, menjelaskan ternak yang dikirim ke Pulau Jawa dibagi untuk beberapa wilayah. Di antaranya, DKI Jakarta sebanyak 1.300 ekor, Banten 600 ekor, Jawa Barat, Bekasi, dan Purwakarta sebanyak 2.650 ekor. Ternak yang dikirim ke Jawa Tengah hanya 70 ekor.

Untuk daerah Kalimantan, ternak potong yang dikirim sebanyak 700 ekor. Pengiriman ternak potong ke luar daerah setiap tahun rutin dilakukan. Disesuaikan dengan permintaan.

Kata Baharudin,  pengiriman itu  tidak akan berpengaruh terhadap populasi ternak di wilayah Kabupaten Bima. Kabupaten Bima merupakan peringkat kedua untuk populasi ternak di wilayah NTB. “Ini permintaan rutin setiap tahun menjelang datangnya  Idul Adha. Angka itu merupakan rilis per hari ini. Belum tahu perkembangannya sampai hari H,” jelasnya  Jumat (19/08) lalu di dinas setempat.

Menurut Baharuddin, ada tiga wilayah di Kabupaten Bima yang mengirim ternak ke luar daerah, yaitu Monta, Woha, dan Bolo. Selain ke Pulau Jawa dan Kalimantan, ternak rutin dikirim ke daerah Sulawesi. Tetapi, untuk daerah Sulawesi, yang dikirim hanya kambing dan kuda. Tidak untuk ternak potong seperti sapi dan kerbau. “Untuk ke Sulawesi, rutin setiap bulan. Tidak hanya saat Idul Adha,” ujarnya.

Data populasi umum ternak di wilayah Kabupaten Bima, sapi sebanyak 170.118 ekor, kerbau 14.934 ekor, kuda 5.464 ekor, dan kambing sebanyak 200.580 ekor. (BK31)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait