Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Ruang Keterampilan Rubuh di SMPN Monta masih Dibiarkan

Ilustrasi

Ilustrasi

Bima, Bimakini.- Ruangan keterampilan SMPN 1 Kecamatan Monta sudah   lama ambruk. Namun,  hingga Kamis (06/10/2016) belum  ada perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Bima. Puing atap bangunan itu  dibiarkan begitu saja. Hal itu karena  pembongkaran satu gedung yang lapuk membutuhkan anggaran.

Kepala SMPN 1 Kecamatan Monta, Afrida, MPd, menjelaskan puing-puing ruang keterampilan yang ambruk beberapa waktu lalu masih dibiarkan begitu saja. Masalahnya pihak sekolah tidak memiliki  anggaran untuk merubuhkannya. Kondisi itu patut  disayangkan, karena ruangan itu  menyimpan hasil kretivitas siswa,  namun kini amblas tertimpa reruntuhan atap gedung.

“Hasil karya tangan siswa disimpan dalam ruangan selama ini sudah tertimpa puing bangunan,” katanya Kamis (06/10) di sekolah setempat.

Menurutnya, ruang keterampilan untuk siswa itu  jangan dianggap bukan ruang belajar, karena SMPN 1 Monta tahun 2016 menerapkan Kurikukum 2013 untuk kelas VII. “Ruang keterampilan sangat dibutuhkan untuk  pelajaran Prakarya,” jelasnya.

Karena sudah ambruk, pihak sekolah belum berani membongkar. Dia  berharap ada perhatian Pemkab Bima memberikan bantuan, supaya ruang ketrampilan dapat dimanfaatkan oleh siswa. “Sudah kita laporkan di Dinas terkait, tapi belum ada realisasi,” jelasnya.

Diakuinya, setelah atap gedung ruang keterampilan ambruk, beberapa pejabat  Dinas Dikpora sudah mengecek  kondisi. Dia    meminta segera diberikan bantuan agar tidak menimbulkan korban jiwa. “Sampai hari ini belum ada tindak lanjut dari Dinas terkait,” ujarnya.

SMPN 1 Monta merupakan sekolah Adiwiyata, apalagi tahun ini  menerapkan Kurikukum 2013. Oleh karena itu,   seharusnya ruang keterampilan sebagai sarana pembelajaran tersedia dan layak.

“Sistem pembelajaran Kurikulum 2013 tidak hanya terfokus dalam satu media pembelajaran, namun banyak   metode yang harus dilakukan, salahsatunya penunjang pelajaran Prakarya,” demikian Afrida. (BK34)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kepala Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Bima Kabupaten, IPDA Kadek Sumertha, mengaku menerima laporan dugaan pungutan liar (Pungli) iuran OSIS dan  Pramuka yang dilaporkan...

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Wakil Bupati (Wabup) Bima Drs H. Dahlan M. Noer, M. Pd, meninjau SMPN 1 Monta, Rabu (29/3/2017). Ruang keterampilan yang dimiliki...

Opini

 Oleh: Eka Ilham., M.Si *) KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspendik sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 melakukan terobosan baru yakni pemanfaatan komputer dalam pelaksanaan Ujian...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTsN I Kota Bima atau lebih dikenal MTs Padolo masih lumpuh. Sejumlah guru dibantu belasan...