Olahraga & Kesehatan

Empat Puskesmas Mulai Layanan Masyarakat

Kota Bima, Bimakini.- Empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mulai beraktivitas dan membuka pelayanan kesehatan. Fasilitas itu lumpuh lantaran terkena imbas terjangan banjir bandang Kota Bima. Keempat Puskemas itu dalah Paruga, Ranggo, Mpunda, dan Penanae.

Pantauan Bimakini, aktivitas pelayanan kesehatan pada empat Puskemas itu dimulai sejak Selasa (03/01/2017). Fasilitas itu memang dalam kondisi rusak dan penuh endapan lumpur. Terlihat pula sejumnlah anggota kesehatan dari TNI ikut membantu memberikan pelayanan kesehatan.

Seperti di Puskemas Ranggo dan Paruga. Walaupun masih dalam keterbatasan sarana dan prasarana, namun pelayanan kesehatan dasar sudah mulai dilakukan. Sejumlah pasien mulai berdatangan untuk berobat. Walaupun sebagian pegawai masih membenahi fasilitas penunjang. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) melalui Sekretaris, Ahmad, SSos, dikonfirmasi via telepon seluler, Rabu (04/01/2017) mengatakan empat Puskemas yang sempat lumpuh karena diterjang banjir sejak Selasa sudah membuka pelayanan kesehatan. Untuk sementara ini kondisinya serbakekurangan dan dibantu petugas kesehatan dari TNI.

Dikatakannya, pembukaan pelayanan kesehatan ini juga untuk mendukung proses pemulihan terhadap musibah banjir. Masyarakat sudah bisa mendatangi Puskemas untuk berobat.

“Semuanya sudah beraktivitas, walaupun memang masih ada kekurangan dan pembersihan terus dilakukan. Kalau untuk kegiatan pelayanan dasar saja sudah bisa dilakukan,” terang Ahmad. Mengenai perbaikan fasilitas peralatan maupun fisik, diakui Ahmad, belum dapat disampaikan saat ini. Semuanya sudah dilaporkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kemenkes dan Provinsi NTB. “Seperti apa nanti perbaikan sarana fisik dan peralatan pendukung pelayanan kesehatan, tentunya segera ditangani secepatnya,” ujarnya.

Untuk obat-obatan, diakuinya, sementara ini cukup setelah ada bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat. Sebelumnya seluruh persediaan obat pada seluruh Puskemas yang berdampak banjir itu rusak dan terbawa arus. (BK32)

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Komentar

To Top