Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Farouk Bertemu Koptan Belo, ini Kesimpulannya…

Farouk Muhammad

Bima, Bimakini.-   Wakil  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,  Farouk Muhammad, bertemu sejumlah Kelompok Tani (Koptan) yang tersebar di Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Pertemuan  dihelat di aula kantor Kecamatan Belo, Kamis (19/01/2017).

Kedatangan Farouk berhadapan langsung dengan para Koptan  penerima manfaat bantuan bibit bawang merah tersebut untuk memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran. Dalam dialog terbuka,  anggota Koptan M Hidayatullah meminta pemerintah supaya lebih memaksimalkan penyaluran bantuan bibit bawang. Masalahnya bibit yang diberikan melalui penangkar beekualitas rendah, sehingga produksi bawang di Bima khususnya Kecamatan Belo menurun.

“Kami minta pemerintah perhatikan kualitas bibit bawang, tahun 2016 lalu kualitas bawang bantuan banyak dipersoalkan pada sejumlah wilayah Kabupaten Bima,” bebernya.

Hal yang sama disampaikan Usman. Dia meminta agar mengonfirmasi ulang nama Koptan dan jumlah bantuan diberikan. Masalahnya terjadi dugaan penyelewangan bantuan, sehingga jumlah yang sampai pada tangan petani tidak berdasarkan jumlah yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat.

“Pemerintah harus kontrol setiap bantuan yang diberikan, jangan sampai oknum yang tidak bertanggungjawab menyelewengkan bantuan untuk petani ini,” harapnya.

Menjawab keluhan petani di Kecamatan Belo, Farouk menjatakan, tujuan  Kunker pada sejumlah wilayah ini  untuk menampung aspirasi petani. Ternyata sejumlah wilayah di Kabupaten Bima mengeluhkan hal yang sama. Yaitu soal kualitas bibit bawang dan bantuan yang disalurkan banyak yang tidak tetap sasaran.

“Ini mejadi catatan saya yang nanti akan dievaluasi secara merata bersama Pemerintah Pusat,”  isyaratnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kabupaten Bima rupanya paling tinggi mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat terkait bawang merah 2017 mendatang. Namun, rencana anggaran untuk tahun depan dikurangi...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Anggota Forum Rakyat Bima (FRB)  berunjuk rasa di  lapangan  Desa Samili Kecamatan Woha, Senin (28/11/2016). Mereka  mendesak pengusutan tuntas masalah pengadaan bawang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Puluhan warga   Kecamatan Woha yang mengatasnamakan Front Rakyat Bima memalang  Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura  Kecamatan Woha,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Terkait bibit bawang yang busuk, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima, Ir. Tayeb, akan melaporkan pada Bupati...