Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Temuan BPK, Item Kandasnya Calon Sekda

Anwar Arman, SE

Kota Bima, Bimakini.- Komisi I DPRD Kota Bima, Rabu (22/02/2017),  menggelar pertemuan dengan Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima. Pemanggilan ini dalam rangka meminta klarifikasi soal tidak ada satu pun calon Sekda yang lolos saat seleksi tersebut.

Hadir mewakili Pansel Sekda, Ketua Drs Maryono Nasiman, MM,  anggota Drs H Tajudin serta perwakilan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima.

Pertemuan digelar di aula rapat kantor DPRD. Hadir Ketua Komisi I, Taufik HA Karim, SH, Anwar Arman, SE dan M Irfan,  MSi. Berbagai pertanyaan dilontarkan saat itu. Satu di antara jawaban dari Tim Pansel, ketidaklolosan  para calon Sekda salahsatunya ada masalah pada rekam jejak. Termasuk temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan a pernah dinyatakan melanggar disiplin.

Anggota DPRD Kota Bima, Anwar Arman, SE, yang  dikonfirmasi usai pertemuan mengatakan, tujuan pemanggilan Pansel Sekda ini karena respons dari masyarakat luas terhadap kinerja Pansel sampai kemudian tidak ada hasilnya.    Atas pertayaan itu,  kata duta PKS ini, Komisi I membidangi masalah kepegawaian memanggil Pansel Sekda dan BKD untuk memertanyakan kejelasannya seperti apa sampai 5 calon Sekda yang tidak diloloskan.

Dari jawaban Pansel, katanya,   ada beberapa item yang dilihat. Pertama nilai kelima calon Sekda tidak sampai 2,5, kemudian makalah dibuat para calon tidak sesuai yang disampaikan. Seolah isi makalah tugas Sekda itu seperti Kepala Daerah. Selain itu, ada temuan BPK terhadap kinerja para calon dan pernah juga calon Sekda diberikan sanksi, karena pernah melanggar.

“Inilah menjadi acuan Pansel Sekda kemudian tidak meloloskan satu pun dari 5 peserta seleksi terakhir kemarin,” terang Anwar.

Dikatakannya, keterangan Pansel ini sudah ditampung untuk disampaikan  saat rapat komisi. Seperti apa tindaklanjutnya,  nanti akan dibahas bersama.  Namun, dari penjelasan Pansel sepertinya sudah terjawab terhadap  berbagai pertanyaan masyarakat selama ini.

Anggota Pansel, Drs H Tajudin,  yang dikonfirmasi di kantor DPRD mengatakan, semuanya sudah jelas disampaikan dalam rapat bersama Dewan. Satu di antara poinnya tentunya semua mau calon Sekda yang lolos itu terbaik dari terbaik.

Tetapi, kata dia, kenyataannya hasil seleksi oleh Pansel memang semua calon tidak ada yang lolos. Termasuk dari nilai tidak memenuhi syarat. Poin lainnya makalah yang dibuat tidak sesuai Tupoksi jabatan yang diikuti oleh mereka. “  Inilah kemudian menjadi pertimbangan Pansel, sehingga menyatakan para calon Sekda tidak diloloskan,” ujarnya.

Mengenai temuan BPK seperti disampaikan dalam rapat? Hal itu dibantah Tajudin, karena tidak menyampaikan hal tersebut. (BK32)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sekian lama menunggu pemangku jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima yang definitif akhirnya akan terjawab. Rencananya, hari ini (Selasa), nama Sekda...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Massa yang menamakan diri Gerakan Transparansi (Gersi) menggelar aksi demo menolak Drs H Muhtar Landa sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Nama Sekretaris Daerah (Sekda) Devinitif akan segera diketahui setelah Wali Kota Bima, HM Qurais pulang dari kunjungan kerja di luar daerah....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-   Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda)  Kota Bima tahap kedua diumumkan. Dari lima nama tersisa, tiga nama mendapatkan nilai...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah menjalani serangkaian tahapan seleksi, dua dari tujuh calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima dinyatakan gagal menuju tahap berikutnya. Keduanya gagal...