Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

20 UMKM Ikuti Bimtek Pengembangan Industri Rumah Tangga

Wawali, H A Rahman, SE saat membuka Bimtek UMKM, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) khusus pangan, Selasa (07/3/2017). Kegiatan yang  di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Bima diikuti 20 UMKM.

Bimtek sendiri digelar oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima.

Wakil Wali Kota, H A Rahman H Abidin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB  dan Dinas Koperindag yang telah menyelenggarakan kegiatan Bimtek. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pengelolaan hasil produksi UMKM di Kota Bima.

Menurutnya, parameter kesuksesan Dinas Koperindag adalah ketika para pelaku UMKM bisa menjadi pengusaha sukses. Dia berharap Dinas Koperindag dengan dibantu oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB dapat membina 20 peserta Bimtek. “Sehingga mereka nantinya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang bernilai jual tinggi,” ujarnya seperti dikutip PLT Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, S.IP, MM dalam siaran persnya.

Wawali juga menghimbau peserta agar memperhatikan materi dengan baik. “Bimtek ini hendaknya dijadikan ajang untuk mengasah kemampuan, sehingga nantinya mampu menghasilkan produk industri yang semakin berkualitas”, pesannya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjanah, S. Sos, mengatakan kegiatan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam melakukan pengolahan pangan yang baik dan memenuhi standar keamanan dan kesehatan pangan.

Selain itu, kata dia, agar pelaku UMKM yang memenuhi syarat dapat memperoleh kesempatan mendapatkan izin sehingga mempercepat proses peningkatan kuantitas dan kualitas produk industri makanan dan kerajinan yang dimilikinya.

Bimtek akan berlangsung selama tiga hari, 7 – 9 Maret 2017 dan diikuti oleh 20 pelaku UMKM di Kota Bima yang bergerak di bidang industri pengolahan makanan dan minuman. Narasumber berasal dari unsur Dinas Koperindag dan Dinas Kesehatan Kota Bima.

Perwakilan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB Hj. Rauhun mengatakan bahwa kegiatan Bimtek tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta pelaku UMKM  di Kota Bima dalam rangka meningkatkan kualitas  produk pangan khususnya dari segi pengolahan, pengemasan dan higienitas serta pelabelan sertifikat halal. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan Modal Usaha Produktif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dalam...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Saat ini NTB memiliki banyaknya Event Internasional. Ini seharusnya menjadi kesempatan pengembangan UMKM di Bima dan Dompu.  Menjadi kesempatan untuk bisa...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sebanyak 25 penggiat usaha kecil di Kota Bima, mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Falcao Sonco Tengge Kelurahan...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.- Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, H. Bambang Kristiono, SE (HBK) membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM...