Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Harga Bibit Bawang Kini Rp5 Juta/Kuintal

FOTO BIM: Petani saat membeli bibit bawang di Naru Barat.

Bima, Bimakini.- Harga bibit bawang merah di Kabupaten Bima semakin melambung tinggi. Hal itu dipicu faktor kebutuhan warga setiap kampung yang ingin memiliki bibit untuk  ditanam sebanyak mungkin. Seperti yang terjadi di Desa Renda Kecamatan Belo.

Informasi yang dihimpun, harga bawang merah pada bulan Januari- Februari lalu mencapai Rp4,3 juta per 100 kilogram. Nah, bulan Maret ini meningkat menjadi Rp5 juta/100 kilogram atau kuintal.

Warga Desa Renda yang sukses menjadi petani bawang,   Nufrin, SE,  harga bibit bawang pada  bulan Maret ini mencapai Rp5 juta rupiah, dari sebelumnya Rp4,3 juta per 100 kilofram. Itu pun masih sulit  dicari oleh warga. Hanya sedikit warga yang menyimpan bibit saat panen terakhir  tahun 2016 lalu.

“Hal inilah salahsatu faktor kenapa bibit bawang merah tersebut makin melambung tinggi,  membuat masyarakat ingin membeli bibit bawang untuk mereka tanam. Supaya tidak rugi jika saat panennya mendapatkan harga tinggi waktu panen,” katanya saat dikonfirmasi  Minggu (05/03/2017).

Pria lulusan STIE Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) Makassar ini lebih memilih menjadi petani ketimbang bekerja pada instansi pemerintahan. Menurutnya,  pendapatan dari hasil pertanian bawang merah mencapai Rp250 juta per tahun. “Kalupun tidak ada penghalang mulai dari tanam sampai panen,” katanya.

Diakuinya, harga bawang merah baru dipanen Rp2.7 juta, itu pun masih dicari oleh pedagang untuk dibawa  ke berbagai daerah.

Pantauan di lapangan, pertumbuhan bawang merah yang baru ditanam terlihat subur. Walupun saat sekarang bukan musim yang tepat disebabkan kondisi alam yang tidak mendukung.

Tetapi, para petani mengharapkan agar harga bawang baru di panen saat ini  tidak menurun drastis. Hal itu karena harga obat-obatan semakin mahal. (CBK03)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Rupanya, selama ini bibit bawang merah hasil penangkaran para petani yang dikirim ke luar daerah berganti label menjadi hasil produksi daerah lain....

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Bejo Indonesia menggelar “Open Day” bersama Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten Bima di lahan demo plot kelompok Tani Sanggopa Kelurahan Kolo...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Seiring petani mulai menanam bawang merah pada musim kering ini, harga bibit mulai dirasakan merangkak naik. Harga bibit lama hingga menyentuh angka...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 Kelompok Tani (Poktan) pada 13 kecamatan di Kabupaten Bima segera mendapatkan bantuan bibit bawang merah. Sebagian petani pada sejumlah kecamatan sudah...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Melalui serangkaian investigasi yang telah dilakukan, Barisan Pemuda Bima Nusantara (Bardam Nusa)  menyimpulkan terdapat adanya pontensi konspirasi atau main mata oleh PT....