Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Lomba Desa, Rato Unggulkan Bawang Merah

FOTO DOK HUMASPRO: Tim lomba desa saat disambut masyarakat Desa Rato, Kecamatan Lambu

Bima, Bimakini.-  Saat ini sekitar 95 persen masyarakat Desa Rato Kecamatan Lambu berprofesi sebagai petani.  Dari sekian komoditi, yang paling digemari masyarakat adalah menanam bawang merah. Nah,  dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima tahun 2017, Rato menjadikan bawang merah sebagai komoditi unggulan.

Kepala Desa Rato Kecamatan Lambu, Edi Junior, menyampaikan hal itu  di depan tim penilai Lomba Desa, Senin (27/3). Produksi bawang merah di Rato mencapai 3.800 ton per tahun dengan intensitas tanam dan panen sebanyak tigakali setahun.

“Masyarakat menanam dan memanen bawang merah tigakali dalam setahun,”  ujar Kades seperti dikutip Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humaspro Setda, Ruslan, SSos.

Melalui  bertani bawang merah, masyarakat Rato mampu menyekolahkan anak-anak mereka sampai Sarjana. Bahkan, banyak warga yang mampu menunaikan ibadah haji.

Saat ini, jumlah penduduk Rato sebanyak 5.832 jiwa (perempuan 3.141 jiwa,pria 2.691 jiwa), 980 KK dengan luas wilayah 2.208 hektare.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Camat Lambu, Abdurrahman, SSos, dalam pengantarnya mengatakan Rato tidak ingin menjadi juara dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten Bima tahun ini. Akan tetapi, Rato ingin mewakili Kabupaten Bima pada iajang lomba desa tingkat Provinsi dan Nasional.

Kata camat, Rato telah beberapa kali meraih juara kedua dalam ajang Lomba Desa sebelumnya. Maka   tidak berlebihan jika tahun ini  diharapkan menjadi yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Bima pada ajang Provinsi, bahkan Nasional.

Saat itu, tim penilai lomba yang dipimpin Kepaala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  Kabupaten Bima, Drs Sirajuidn, MM< disambut meriah dengan kalungan bunga. Usai prosesi penerimaan, tim memantau sejumlah lokasi dan aspek yang dijadikan unsur penilaian. (BK29)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima H. Dahlan M Noer menyambut Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTB tahun 2023 yang Ketuai oleh...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Camat langgudu, Rijal Mukhlis, SE menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan lomba desa, Kamis (19/3). Namun untuk menggelar kegiatan yang mengundang keramaian, perlu...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Desa Sondosia, Kecamatan Bolo ditunjuk untuk mewakili kecamatan dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima Tahun pada Maret Tahun 2020 mendatang. Terkait hal...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hari ketiga Penilaian Lomba Desa dan Lomba posyandu terintegrasi tingkat Kabupaten Bima berlangsung Kamis (25/4) di Desa Kanca Kecamatan Parado dan desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tim lomba desa tingkat Kabupaten Bima, akan hadir di Desa Nggembe, Kecamatan Bolo. Untuk menyambut tim penilai tersebut, dengan sisa waktu yang...