Ekonomi

Motivasi UMKM, Pegadaian Gelar Seminar Kewirausahaan

Peserta UMKM yang mengikuti seminar kewirausahaan yang diadakan oleh Pegadaian.

Kota Bima, Bimakini.- Perseroan Terbatas (PT) Pegadaian menunjukkan kepedulian terhadap UMKM agar tumbuh berkembang di Bima. Seminar Kewirausahaan digelar Kamis siang di Falcao Cafe dan diikuti sekitar 80 pengusaha kecil dan menengah.

Pimpinan Cabang Dompu, Ketut Suwarnawa, mengatakan kegiatan ini bertujuan mendukung program pemerintah untuk menumbuhkan wirausaha. Pemerintah menargetkan tumbuhnya wirausaha sebesar 4 persen di tahun 2017.

“Tahun 2016 rasio pertumbuhan wirausaha sekitar 3,1 persen dan diharapkan tahun ini terpenuhi 4 persen,” ujarnya.

Diharapkannya kegiatan ini memotivasi dan melahirkan pengusaha sukses untuk mendukung target pemerintah. Pegadaian sebagai salahsatu BUMN ikut mendorong pencapaian itu, termasuk di Bima dan Dompu.

“Untuk itu kami mengundang pengusaha sukses untuk memberikan motivasi dan strategi usaha agar berkembang,” ujarnya.

Jika usaha di daerah berkembang, kata dia, maka dapat menekan angka pengangguran. Apalagi, pascabanjir di Bima membutuhkan sentuhan agar geliat ekonomi kembali tumbuh.

“Pegadaian memiliki tanggungjawab untuk menumbuhkan usaha ekonomi baru,” terangnya.

Pemberian dooorprize kepada peserta seminar.

Selain itu, kata dia, Pegadaian memiliki produk yang bisa dimanfaatkan usahawan, seperti Program Kreasi. Maksimal untuk pencairan senilai Rp200 juta dengan syarat usaha minimal sudah berjalan setahun.

Bahkan, kini bagi petani dan pengusaha dapat kemudahan mendapatkan pinjaman berkala. Petani misalnya, dapat meminjam modal dan membayarnya setelah panen.

Untuk wilayah Bima dan Dompu menargetkan penyaluran Rp54 miliar tahun 2017.

Peserta selain menerima materi dari narasumber, juga dimanjakan doorprize emas batangan, TV, Tabungan Haji, dan kulkas.

Kusnadi, Owner Ayam Geprek, yang hadir menjadi pembicara memberi motivasi kepada peserta. Dia menceritakan usahanya yang sempat bangkit dan sukses, namun tiba-tiba bangkrut.

Kondisi itu tidak membuatnya menyerah dan kembali bangkit, meskipun harus jatuh lagi.

“Pengusaha pemula harus yakin pada diri sendiri. Cara dan mental bergantung kualitas berfikir kita. Jika kalah akuilah, tapi bangkitlah,” pesannya. (BK25)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top