Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Soal Kenakalan Pelajar, Perlu Ada Regulasi

Dr. Ibnu Khaldun

Bima, Bimakini. – Kenakalan remaja belakangan ini cukup memerihatinkan, apalagi hingga ada korban tewas. Kenyataan ini mengundang  keprihatinan  Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, MSi.

Menurutnya, untuk menekan angka kenalakan remaja dibutuhkan regulasi. Tujuannya, agar kebijakan yang diambil dapat mengontrol perilaku siswa. Apalagi selama ini kebijakan tentang siswa tidak berdasarkan riset yang jelas.

“Regulasi dibuat selama ini tidak punya terobosan, karena komponen
yang memformulasikan kebijakan sekolah, rendah motivasi dan kurang pengetahuan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Banyaknya kejadian melibatkan pelajar, kata dia, seharusnya penanganannya sudah lama. Meski pada kenyataannya perilaku menyimpang siswa di lingkungan dan luar sekolah makin menjadi.

“Saran saya kepada Pemda, Dinas Dikpora harus diisi orang memiliki pengetahuan yang baik, bila perlu dibuatkan fakta integritas,” katanya.

Bentrok Desa Risa dan Dadibou, kata dia, juga dipicu perkelahian antarpelajar. Fakta ini seharusnya direspon cepat oleh Dinas Dikbudpora. Salah satunya membuat regulasi, mendorong lingkungan sekolah melawan kekerasan.
“Dalam pernyataan perjanjian pihak sekolah dan siswa, apabila melakukan pelanggaran, wajib hukumnya menerima sangsi ringan, sedang dan berat sesuai bentuk pelanggaran,” terangnya.

Salah satu tantangan Pemkab Bima membangun daerah, kata Ibnu, membenahi pendidikan. Jika tidak, maka daerah juga tidak akan berkembang, karena terkait kualitas  SDM.

“Selama satu tahun lebih belum ada upaya pembenahan dunia pendidikan, termasuk mengundang tokoh pendidikan untuk membicarakan terobosan mengatasi persoalan yang terjadi,” punggkasnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, menaruh harapan besar kepada Kapolres Bima yang baru menjabat, AKBP Eko Sutomo, agar dapat membantu mengatasi...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- STKIP Taman Siswa Bima begitu haus akan sumber daya dosen yang berkualitas. Meski saat ini kampus pendidikan terkemuka di Bima Raya tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mantan pengajar atau alumnus pondok pesantren Umar bin Khattab (Ponpes UBK) Sanolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Ustadz Imanuddin M.Psi alias Imam Mujahid...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Selama ini Bima kerap disandingkan bersama Poso dan Solo sebagai segitiga kekerasan di tanah air, khususnya berkaitan isu kekerasan, ekstremisme, dan terorisme....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kementerian Pariwisata Repbulik Indonesia melaksanakan Parekraf Goes to Campus bertajuk Be Creative in Digital Age di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan...