Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Animo Petani Kecamatan Bolo Tanam Jagung Meningkat

Kepala UPT Pertanian ddan Perkebunan Kecamatan Bolo, Ir Abdullah

Bima, Bimakini.- Animo masyarakat Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menanam jagung tahun 2017 ini meningkat. Kondisi itu jika dilihat dari tahun sebelumnya. Menghadapi hal itu, bagaimana reaksi Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Bolo?

Rupanya, kantor setempat sudah mengajukan 2.000 hektare (Ha) lahan yang akan digunakan untuk menanam jagung.

Kepala UPT Pertanian ddan Perkebunan Kecamatan Bolo, Ir Abdullah, Selasa (11/4) menjelaskan berbeda dengan tahun sebelumnya, tingkat keinginan masyarakat menanam jagung hanya volume 275 Ha saja. Desa yang menanam hanya Kelompok Tani (Poktan) Desa Leu, Desa Kara, dan sebagian kelompok di Desa Tambe. “Itu pun hanya dilakukan saat Musim Hujan saja,” katanya di Bolo, Senin.

Tahun ini, diakuinya, dari total yang diajukan oleh UPTD sebanyak 2.000 Ha, secara proposionalnya menghadapi Musim Kemarau (MK) I yakni April ini sebanyak 400 Ha. Untuk MK II yakni pada Juni sekitar 500 Ha, sisanya 1.100 Ha untuk menghadapi MH. “Itu secara proposionalnya,” ujarnya.

Abdullah berharap kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima agar bisa mendistribusikan bibit jagung tepat pada waktunya. “Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa menanam tepat waktu pula,” harapnya.

Akhir-akhir ini konsumsi jagung yang dijual di pinggir jalan pada sejumlah lokasi relatif naik. Disamping untuk kebutuhan sendiri, para  petani menjual jagungnya kepada warga yang memiliki lapak di pinggir jalan. Bahkan, pembeli sendiri yang memanen di lokasi. Diduga, kesempatan yang terbuka itu dimanfaatkan oleh petani untuk menggiatkan penanaman. Disamping itu untuk kebutuhan industri camilan yang dibawa ke luar daerah. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait