Ekonomi

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pegadaian Seminar Investasi

Financial Planner Indonesia, Safir Senduk saat menjadi pembicara di Seminar Mengenal dan Memilih Investasi yang tepat, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Untuk ketiga kalinya, Pegadaian Area Dompu (Dompu, Bima, Sumbawa) menggelar seminar investasi dan kewirausahaan. Selasa (18/4/2017) pegadaian menghadirkan Financial Planner Pertama di Indonesia, Safir Senduk sebagai pembicara.

Seminar “Mengenal dan Investasi yang Tepat” di Cafe Falcao ini diikuti nasabah, pengusaha dan masyarakat umum.

Deputi Bisnis Pegadaian Area Dompu, Heri Susianto mengatakan sebagai salah satu perusahaan negara, memiliki visi dan misi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Juga membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Kegiatan seminar ini, kata dia, sebagai salah satu upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara investasi yang baik dan tepat. Caranya dengan menghadirkan pembicara yang memiliki pengalaman tentang investasi.

Pegadaian sendiri, kata Hadi, menghadirkan ragam produk. Tujuannya, memberi manfaat bagi masyarakat dengan berbagai kemudahan.

“Kami tentu tidak bisa memberikan yang secara langsung kepada masyarakat, namun menawarkan produk yang dapat membantu masyarakat sendiri,” ujarnya.

Misalnya, kata dia, bagi usaha yang membutuhkan modal, bisa menggadaikan kendaraan. Untuk pinjaman Rp1 juta, bunga hanya Rp10 ribu per bulan. “Agar usaha bisa berkembang,” ujarnya.

Untuk kepemilikan kendaraan secara kredit, kata dia, juga memberi kemudahan dengan bunga 1 persen. Bagi yang ingin menunaikan ibadah haji, dengan tabungan Rp7,5 juta atau 15 gram emas, pegadaian bisa memberikan pinjaman Rp25 juta untuk daftar haji.

Demikian juga yang memiliki kelebihan dana, kata Hadi, bisa menginvestasikannya melalui tabungan emas. Mulai dari setoran Rp10 ribu langsung dikonversikan dengan nilai emas. “Untuk itulah seminar ini kami laksanakan tentang pentingnya investasi emas,” terangnya.

Peserta seminar yang mendapatkan hadiah Doorprize diacara Seminar Pegadaian.

Sejak berbagai produk itu diluncurkan, kata dia, respon masyarakat cukup tinggi, bahkan untuk Area Dompu meliputi Bima, Dompu dan Sumbawa sudah melampui target. “Hanya saja untuk penambahan nilai tabungan emas masih kurang dan ini akan kami dorong lagi,” katanya.

Sementara itu, Finacial Planning, Safir Senduk, memberikan gambaran tentang pilihan investasi. Ada sifatnya pendapatan dan juga melihat pertumbuhan.

Dicontohkannya, deposito dikategorikan investasi pendapatan. Pemilik dana akan memeroleh bunga dari depositonya sesuai suku bunga  yang ditetapkan bank. Sementara investasi bertumbuh, seperti emas batangan, kepemilikan properti.

Pilihan investasi lainnya, kata dia, reksa dana dan unit link. Bisa juga kepemilikan saham. Namun, masing-masing akan memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk berbeda resikonya.

Investasi yang baik menurut Safir, disesuaikan dengan karakter orangnya. Namun ada tiga metode yang perlu diperhatikan dalam  mementukan investasi. “Memilih investasi pertumbuhan dan mengetahui resikonya. Memilih emas juga dapat meminimalisir resiko konsumtif,” ujarnya.

Menjadikan emas sebagai salah satu investasi dapat menjadi senjata dalam menghadapi ancaman krisis, baik inflasi, kerusahan dan perang. Karena uang tunai saat terjadi ancaman tersebut, tidak nominalnya akan turun. “Sedangkan emas, nilai nominal dan intrinsiknya cenderung sama,” jelasnya.

Selain mendapat materi tentang perencanaan investasi, pegadaian juga menyiapkan sejumlah doorprize bagi peserta yang hadir. Peserta juga menyukai pemaparan dari Safir Senduk yang simple dan mudah dipahami.

Bagi yang ingin membuka usaha, Safir memberi tips, yakni melihat keunikan produk dan kebutuhan masyarakat. Selain itu,  produk sebaiknya mudah diduplikasi. (BK25)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Share

Komentar

To Top