Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Lomba Cerita Tingkat NTB, Siswa SDN 05 Juara Dua

M Ifan Kurniawan, siswa Kelas 5 SDN 05 Kota Bima saat tampil ditingkat Provinsi NTB beberapa waktu lalu.

Kota Bima, Bimakini.- Siswa Kelas 5 SDN 05 Kota Bima, M Ifan Kurniawan, berhasil meraih juara dua tingkat NTB, Lomba Bercerita memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37 Perpustakaan Nasional RI. Ini ketiga kalinya Kota Bima selalu meraih juara dua.

Guru Pembina Lomba Bercerita Tingkat NTB, Zevilia Rosita, SPd mengatakan sebenarnya peluang untuk lolos ke tingkat Nasional sangat besar. Itu berdasarkan persiapan yang dilakukan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Namun, kata dia, duta Kota Bima belum berhasil mencapai impian untuk mewakili NTB tingkat Nasional. Saat itu, Ifan membawakan materi cerita “Kisah Sepotong Bambu” karya Alan Malingi.

M Ifan Kurniawan

“Saat itu saya sempat bertanya kepada dewan juri saat lomba tingkat NTB di Mataram, apa yang membuat murid binaannya tidak bisa juara satu,” ujarnya, Senin (24/4/2017).

Penjelasan juri dari Jakarta, kata dia, cerita yang dibawakan harus penuh karakter. Tidak bisa hanya cerita sedih saja atau sebaliknya. “Didalam cerita itu harus banyak karakternya. Ini masukan buat peserta Kota Bima kedepannya,” ungkapnya.

Diakuinya, untuk lomba kali ini lebih ketat dari tahun sebelumnmya. Peserta tidak hanya bercerita, namun juga harus menyerahkan naskahnya pada dewan juri. “Tahun sebelumnya, tidak ada naskah yang diserahkan. Saat Ifan menyampaikan ceritanya, sempat ada yang terlupakan, namun sudah cukup maksimal,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, tahun lalu, meski Kota Bima meraih juara dua, namun mendapat tawaran untuk bercerita didepan Gubernur NTB. Hanya saja permintaan itu tidak bisa dipenuhi. (BK.25)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bima  menggelar empat kegiatan lomba untuk merangsang minat baca bagi para pelajar. Empat kegiatan lomba tersebut...