Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

PAUD Anak Sholeh Madapangga Terakreditasi B

PAUD Anak Sholeh mengedepankan metode Cinta Kasih dalam pengembangan pribadi anak.

Bima, Bimakini.- Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anak Sholeh Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima meraih akreditasi B sejak Januari 2017 lalu. Penetapan itu dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Non-Formal (PNF) untuk program Taman Kanak-Kanak (TK). Pencapaian itu merupakan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Bima.

Kepala  PAUD Anak Sholeh Kecamatan Madapangga, Ida Nurhaidah, SE, menjelaskan sejak didirikan terus membenahi diri demi terwujudkanya lembaga yang representatif untuk memajukan dan menyediakan generasi emas Dana Mbojo. Walaupun PAUD Anak Sholeh ini didirikan pada lahan pinjaman menggunakan prasarana semipermanen dari bambu, namun  ditata apik dan menarik didkukung  manajemen yang baik.

Terbukti  tahun 2015 dan 2016 berturut-turut mendapatkan penghargaan Juara III  lomba Apresiasi Pengelola PAUD berprestasi tingkat Provinsi NTB. Pertengahan tahun 2016 lalu, PAUD Anak Sholeh  yang memiliki visi Membangun Generasi Robbani Cerdas dan Mandiri ini mengajukan  berkas untk diakreditasi pada BAN PAUD dan PNF.

“Predikat ini  tidaklah membuat PAUD Anak Sholeh lupa diri, namun  terus berupaya membenahi   dan meningkatkan mutu layanan pendidikan sehingga sesuai Standar Nasional PAUD agar mendapatkan nilai Excelent (A),” katanya melalui email, akhir pekan lalu.

Dibeberkannya, untuk meraih  predikat terakreditasi lembaga PAUD harus memenuhi delapan standar PAUD yang telah ditetapkan pemerintah sesuai  Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014. Terdiri dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA), Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan.

“Saya berharap Allah dapat memberikan kemampuan pada

lembaga untuk mengembangkannya, terutama prasarananya. Segera memiliki lahan sendiri agar dapat membangun prasarana yang lebih baik lagi demi tercipta dan tersedianya pendidikan yang representatif dan nyaman bagi anak,” harapnya.

Dia mencita-citakan  menyediakan layanan pendidikan anak usia dini yang berbasis alam, didukung  sarana dan prasarana  lengkap dan menjadi PAUD percontohan. Menurutnya, PAUD berbasis alam  esuai dengan kultur dan basis ekonomi masyarakat Kabupaten Bima yang bermatapencarian bertani dan nelayan.

Dikatakannya, PAUD yang menggunakan alam sebagai media pembelajaran bagi anak diharapkan lebih mendekatkan anak pada pembelajaran yang rill, sehingga diharapkan anak-anak kelak lebih mencintai dan peduli lingkungan.  Bukan hal yang mustahil kelak mereka mampu menjadi petani yang profesional, peternak profesional, atau pembudi daya ikan yang andal.

Kepada pengelola  PAUD lainnya, dia mengharapkan terus bersemangat dalam upaya peningkatan mutu layanan PAUD. Jika lembaga sudah berupaya  optimal, maka pasti menghasilkan penilaian akreditasi yang bagus  pula.

Katanya, pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara  wajib mengikuti jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai  usia enam tahun,  dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD menjadi sangat penting karena merupakan peletakan batu pertama pada sistem pendidikan. Anak-anak yang berusia 0-6 tahun adalah merupakan masa emas di umur manusia (Golden Age) dimana pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak tumbuh dengan pesat.

“Lembaga PAUD sebagai penyedia layanan pendidikan pada usia ini dituntut  memberikan layanan pendidikan pengasuhan dan kesehatan terbaik guna membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai umurnya,” demikian Ida. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Untuk melahirkan generasi cerdas, taat pada orang tua dan lingkungan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anak Sholeh Desa Rato, Kecamatan Bolo, Kabupaten...