Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sikap Kepala SKPD seperti ini Dikritik Alfian…

Alfian Indrawirawan

Kota Bima, Bimakini.- Kritikan lantang disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima terhadap perilaku  beberapa Kepala SKPD. Dalam catatan legislator, rapat bersama DPRD hanya ramai jika dihadiri oleh Wali Kota Bima, HM Qurais saja.

Seperti disuarakan oleh duta Partai Golkar,  Alfian Indrawirawan, saat rapat paripurna DPRD Kota Bima, Kamis (27/04) siang lalu.

Disentilnya, ketika Wali atau Wakil Wali Kota Bima menghadiri rapat paripurna di kantor DPRD, kursi dipenuhi Kepala SKPD. Namun, ketika rapat paripurna hanya dihadiri Sekda atau Asisten, tidak satu pun Kepala SKPD, hilang entah kemana dalam berbagai alasan tugas.

“Menurut saya, Kepala SKPD menjilat dan mencari muka di depan Kepala Daerah saja, sementara berbagai masalah dikeluhkan masyarakat kami sebagai tumbalnya,” ujarnya.

Dia mencontohkan, rapat pada Kamis, dihadiri Asisten II Setda. Namun, tidak ada satu pun Kepala Dinas yang hadir, hanya bawahannya saja. Padahal, ini sangat penting untuk didengarkan bersama, karena rapat paripurna saat ini merupakan penyampaian hasil reses yang perlu diakomodir dalam program pemerintah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tidak ada yang hadir, terutama Kepala Dinas PU, tidak pernah hadiri rapat di kantor DPRD satu kali pun. Begitu pun Kepala BPBD,” sorotnya.

Padahal, kata dia, banyak hal yang perlu dijelaskan. Seperti persoalan drainase dan bantuan pascabanjir, tetapi tidak pernah mau hadir.     Akhirnya legislatif  kemudian menanggapi tuntutan warga, padahal seharusnya tugas bersama untuk dituntaskan.

Untuk itu, dia berpesan kepada Asisten II agar menyampaikannya kepada  Wali Kota persoalan seperti ini. “Kami sudah undang secara resmi dan ini bukan sekali saja, sampai enam kali, banyak alasan keluar daerah,” ujarnya.

Untuk diketahui, kata dia, legislator  itu bukan penjual jajan, sehingga harus  dihargai.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pimpinan rapat,  M Safi’i, ST, menyampaikan kepada Asisten II agar menyampaikan catatan Dewan  itu agar hubungan sinergis  terjalin baik dan jangan hanya dalam laporan saja.

“Antara legislatif  dan eksekutif itu harus ada sinergisitas dalam membangun bersama daerah kita ini agar lebih maju ke depan,” katanya.

Terlihat  pejabat eselon III yang hadir sempat kaget mendengar  penyampaian anggota DPRD menyikapi tindakan Kepala Dinas. Walaupun kemudian, mereka tetap duduk dan mengikuti rapat sampai selesai. (BK32)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait