Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Tim Medis PKM Bolo Kunjungi Wan Haris

Foto Oyan: Wan Haris penderita diabetes tipe kering saat didampingi Hartati, Ibu kandungnya sambil menunjukan surat rujukan, Selasa (25/4).

Bima, Bimakini.- Tim Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Bolo mengunjungi Wan Haris (29), warga RT 04 Desa Tambe Kecamatan Bolo  yang menderita Diabetes (gula) tipe kering. Kehadiran rombongan itu menindaklanjuti kunjungan Kepala PKM setempat sebelumnya, Senin (24/4).

Selain itu, kehadiran mereka  merupakan bentuk kerja nyata dalam melayani kesehatan masyarakat.

Tim medis bagian umum PKM Bolo, dr Hj Fatimah Tuzzahro, Selasa (25/4) mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, Haris positif mengidap penyakit diabetes  tipe kering. Mengalami tekanan gula darah yang tinggi hingga alat glucotes tidak bisa membaca tekanan darahnya.

“Melalui alat glucotes tekanan darah bisa terbaca di bawah 500,  Tekanan gula darah yang dialami Wan Haris saat tes yang muncul HI yakni di atas 500,” katanya.

Selain memeriksa tekanan gula darah,  juga pemeriksaan asam urat dan hasilnya dinyatakan normal. Kondisi seperti itu, menyarankan agar keluarga bisa mengatur pola makanan Haris. Saat sekarang yang perlu dihindari adalah mengonsumsi makanan karbohidrat seperti nasi. “Kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskannya, meski tidak bisa berjalan menyarankan keluarga agar mendampingi  Haris menggerakkan tubuhnya. Sebab gerakan tubuh ini penting agar kondisi tidak semakin memburuk. Melihat kondisi Haris yang menurun seperti ini, menyarankan agar keluarga membawa ke RSUD Bima untuk perawatan ntensif. Hal itu dilakukan agar bisa dilakukan  terapi insulin. “Wan Haris sekarang membutuhkan terapi insulin,” terangnya.

Hartati, Ibu kandung Wan Haris, mengaku sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan h tim medis sebelumnya, Haris pernah mengidap penyakit kencing manis. Bahkan, saat itu membawa ke RSUD Bima dan Dompu. Memasuki bulan Februari 2017 Wan Haris sempat jatuh di kamar mandi. Pascajatuh tersebut, kondisinya mulai memburuk dan saat itu tidak pernah mengontrol.

“Pascajatuh, Wan Haris hanya tidur lemas di tempat tidur seperti ini,” katanya.

Seperti yang disarankan tim medis PKM Bolo, akan membawa Wan Haris ke RSUD Bima untuk mendapatkan perawatan lebih insentif. Berdasarkan saran tim medis PKM Bolo,  Haris harus diterapi insulin dan mengatur pola makanan. Menghindari makanan yang berkarbohidrat. “Apapun caranya Wan Haris akan dirujuk ke RSUD Bima, sekarang saya sudah memegang surat rujukan dari PKM Bolo,” terangnya. (BK36)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini. –  Wan Haris (29) warga RT 04 Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, yang mengidap penyakit Diabetes  (gula) tipe kering, tutup usia....

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Kondisi penderita penyakit diabetes (gula) tipe kering, Wan Haris (29), warga RT 04 Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima saat ini sangat...