Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Terdampak Banjir Lima Desa di Woja Kekurangan Air

Dok makassartribun

Dompu, Bimakini.- Banjir  luapan sungai Rababaka terjadi Selasa (18/04) lalu.  Saat itu menyebabkan permukiman warga pada  lima desa di Kecamatan Woja terendam. Saat ini warga  tidak mendapatkan pasokan air dari PDAM Kabupaten Dompu.

Seperti diakui Safarudin, warga Lingkungan Selaparang Desa Matua Kecamatan Woja, Jumat (21/04). “Kami sudah empat hari tidak menerima pasokan air,” akuinya.

Akibatnya, kata Safarudin, terpaksa mengambil air di sumur  milik warga lainya untuk kebutuhan masak. Untuk kebutuhan mandi dan cuci terpaksa ke sungai dan itu pun airnya keruh.

Hal senada juga dikatakan Hawsah, warga Desa Baka Jaya. Katanya, sudah empat hari tidak lagi mendapatkan pasokan air bersih dari PDAM. Kadang untuk memenuhi kebutuhan memasak terpaksa menggunakan tabung air.

“Air sumur di sini ada yang mengandung kapur,” katanya.

Dia berharap kepada pihak PDAM Dompu kiranya memercepat proses penyaluran air. Saat ini karena  tidak ada pasokan air PDAM, masyarakat memadati sepanjang sungai yang berada di wilayah yang tidak mendapatakan pasokan air bersih itu.

Selain masalah pasokan air bersih,   juga saluran irigasi dari Rababaka juga tidak mengalirkan air akibat Dam Rababaka jebol diterjang banjir. Akibat kerusakan itu, sekitar 1.805 hektare sawah milik petani tidak dapat teraliri.

Pelaksana Tugas Direktur  PDAM Dompu, Agus Supandi, SE, Jumat (21/04) mengaku saat ini Instalasi Pengolahan Air (IPA) Selaparang tidak bisa mengalirkan air pada  ima wilayah itu. Penyebabnya karena bendungan penampung air di Kemudi jebol diterjang banjir.  Untuk memenuhi kebutuhan air warga, PDAM menggunakan mobil tangki.

Rencananya, kata Agus, agar air bisa berfungsi dan mengalirkan ke IPA Selaparang, dam yang jebol itu akan dipasang bronjong agar Air terangkat. “Kita berharap agar warga bisa bersabar,” harapnya.

Dia  berjanji segera menangani dan berkoordinasi dengan semua pihak dan terutama, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dompu. (BK24)

 

 

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait