Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

“Apa Kalian Senang Sekolah di MIN Kota Bima?”

Kota Bima, Bimakini.- Masa Orientasi Siswa (MOS) Angkatan 2016-2017 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bima digelar mulai Jumat (12/05) hingga Sabtu (13/05). Tema tahun ini adalah Guru Ramah, Siswa Senang, Orang Tua Terlibat.

Tahun ini, MIN Kota Bima menerima 120 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sebelumnya, pendaftar sebanyak 150 orang dari berbagai Taman Kanak-Kanak di Kota Bima. Ada juga dari luar Kota Bima.

MOS dimulai pukul 08.00 WITA. Siswa baru memakai kostum olahraga didampingi orang tuanya masing-masing. Mereka dikumpulkan di halaman MIN setempat. Hiasan pernak-pernik yang dibuat panitia menambah semarak suasana MOS itu.

Saat itu, siswa dan orang tua dikenalkan dengan Kepala MIN dan Dewan Guru. Demikian juga Tata-Usaha dan Satuan Pengaman.

Kepala MIN Kota Bima, Drs  M Adnan, dalam sambutannya  langsung menanyakan kepada bocah-bocah soal keberadaannya di Madrasah setempat. “Apa kalian senang sekolah di MIN Kota Bima?” tanyanya.

Tentu saja anak-anak bocah-bocah lugu itu menjawab senang. Adnan mengekspresikan suasana hati jajaran MIN Kota Bima ketika menerima siswa baru. Katanya, kalau siswa dan orang tua senang, justru jajaran MIN lebih senang lagi karena orang tua memilih MIN Kota Bima sebagai wadah untuk  menimba ilmu.

Dia mengapresiasi orang tua siswa terhadap kepercayaan itu, selanjutnya amanah itu akan diupayakan dipenuhi selama proses pendidikan berlangsung. “Kami akan upayakan maksimal untuk memenuhi harapan  besar orang tua, supaya siswa lebih baik dan berakhlakul karimah,” ujarnya.

Menurut Adnan, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak akan menyempurnakan upaya madrasah. Oleh karena itu, partisipasi diharapkan. MOS tahun ini  dikemas sedemikian rupa agar mulai hari ini dan seterusnya siswa menikmati kesenangan selama pendidikan.

Usai prosesi penyambutan, siswa yang dipisahkan menurut kelasnya itu diajak berkeliling madrasah. Mereka dipandu oleh guru  setempat. Selanjutnya pengenalan terhadap fasilitas dan lingkungan MIN Kota Bima. Mulai dari kelas, perpustakaan, kantin, dan ruangan Kepala MIN, dan Tata-Usaha.

Saat itu, panitia melalui pembawa acara memastikan nama MIN Kota Bima sudah “terbang kemana-mana” dalam prestasi akademik dan nonakademik. Terakhir juara II Olimpiade Matematika di Pontianak. Demikian juga lomba renang tingkat Kota Bima.

“Level Provinsi NTB ‘udah disikat semua’. Apalagi, Kota Bima,” ujar guru setempat.

Saat itu, disertai penyerahan hadiah kepada juara II Try Out dari Primagama yang diberikan kepada Nabila.  Nabila meraih juara II, sedangkan juara I duta SDN 19 Kota Bima dan juara III duta SDIT Lukman Hakim. (BK22)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait