Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

BPBD Gelar Rakor Renaksi Lima Sektor Pascabencana

Rakor Renaksi lima sektor oleh BPBD Kabupaten Bima, Senin.

Bima, Bimakini.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Aksi (Renaksi). Rakor Renaksi itu membahas tentang rehab dan rekonstruksi pada lima sektor, yaitu Permukiman, Ekonomi, Infrastruktur, Sosial, dan lintas sektor.

Rakor Renaksi di Kantor BPBD Kabupaten Bima, diikuti Camat, Kades yang daerahnya terdampak banjir. Juga SKPD terkait penangulangan banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Bima, Ir HM Taufik Rusdi mengatakan, camat yang diundang dari Sape, Wawo, Wera, Ambalawi, Sanggar, dan Langgudu. “Camat dan Kades di enam wilayah kecamatan tersebut, yang kita undang dalam Rakor Renaksi hari ini,”sebutnya.

Rakor Renaksi ini, kata dia, tindaklanjut  hasil pertemuan dengan BNPB Pusat sebelumnya. Masing-masing SKPD tehnis menyusun dokumen pada kementrian lembaga masing- masing sesuai dengan angka yang ada dalam Renaksi. “Itulah salah satu tujuan dari Rakor Renaksi ini,”terangnya.

Juga, kata dia, membahas relokasi rumah warga dibantaran sungai. Perlu ada komitmen bersama tentang dimana lokasi relokasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Karena prinsip bantuan untuk relolasi ini bay name  by adres,” paparnya.

Jumlah rumah yang terdampak banjir, kata dia, 437 unit.  Jumlah yang akan direlokasi, 348 unit. Terdiri rusak berat 84 unit, sedang 113 unit dan ringan 240 unit.

“Rusak ringan ringan akan dibantu dari APBD Kabupaten Bima, sedangkan rusak berat diusulkan bantuan dari BNPB Pusat,” jelasnya.

Dibutuhkan tahun 2017 sebesar Rp 568 miliar dari berbagai lembaga kementrian. Pada tahun 2018 diharapkan Rp701 miliar untuk lima sektor yaitu Permukiman, Infrastruktur, Sosial, Ekonomi, dan lintas sektor.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Hasil Rakor ini, akan ditindaklanjuti dan diajukan pada pihak pemerintah pusat melalui lintas kementrian,” tandasnya. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Rabu (21/2/2024) malam di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, menyebabkan satu jembatan putus. Selain itu sejumlah rumah...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Bencana banjir yang terjadi 5 April 2023 di Kabupaten Bima berdampak pada 2.985 kepala keluarga (KK) atau 8.305 jiwa di enam Kecamatan....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi di lima kecamatan di Kabupaten Bima, Selasa 4 April 2023 tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Bencana hidrometeorologi ini sudah...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima mengingatkan warga untuk mewaspadai bencana Hindrometeorologi. Dampaknya tidak hanya banjir, namun juga longsor, angin kencang...