Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kurangi Daerah Endemis, Kesra Sosialisasi Pencegahan Zoonosis

Sosialisasi pencegahan penyakit menular oleh Bagian Kesra Pemkot Bima, Rabu.

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mencegah dan mengurangi daerah endemis serta melindungi masyarakat dari penularan penyakit menular dan mewabah (zoonosis) di Kota Bima, Pemerintah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Bima menggelar sosialisasi pencegahan pemberantasan zoonosis. Sosialisasi dilakasanakan di aula kantor Kecamatan Rasanae Timur Rabu, (10/5/2017).

Kegiatan yang dibuka Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. M. Farid, M.Si dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima. Baik Camat, Lurah, kelompok tani, kelompok peternak, tokoh masyarakat dan tokoh agama lingkup Kecamatan Rasanae Timur.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Bima, Drs H A Wahid mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta tentang pemberantasan penyakit menular dan wabah. Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit zoonosis.

Menurut Wahid, sosialisasi ini penting dilakukan. Tidak hanya menjadi tugas Dinas Pertanian, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua termasuk Camat, Lurah, RT dan RW serta seluruh masyarakat.

Sementara itu, Drs M Farid, M. Si menyampaikan, penanganan penyakit menular dan mewabah perlu disosialisasikan karena mengancam kesehatan dan kehidupan masyarakat yang secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi. Upaya pengendalian penyakit menular dan mewabah harus dilaksanakan secara terkoordinir dengan melibatkan berbagai pihak.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Salah satunya, kata dia, dengan mengintegrasikan program-program pada satuan kerja terkait dan menggandeng masyarakat umum termasuk LSM untuk meningkatkan perannya sebagai mitra Pemerintah sampai ke tingkat Kelurahan. Diharapnya sosialisasi dapat bermanfaat bagi peserta dan semakin menajamkan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan mewabah di Kota Bima. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait