Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Pembinaan Moral tidak akan Terwujud tanpa Shalat

Kepala MAN 1 Bima, Drs M Amin

Bima, Bimakini.- Upaya pembinaan moral terhadap siswa tidak akan terwujud tanpa mengedepankan shalat. Hal itu karena sesungguhnya shalat  mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal itu disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bima, Drs M Amin,  di sela kegiatan Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW di Madrasah setempat, Sabtu (6/5) lalu.

Dikatakannya, untuk mengubah perilaku siswa dari yang buruk menuju  akhlaqul karimah, pembinaan moral perlu dilakukan. Akan tetapi, hal itu tidak akan terwujud tanpa menegakkan shalat, karena merupakan kunci bagi setiap manusia. “Sekaligus sebagai kendali untuk berhijrah dari kehidupan jahiliyah menuju kehidupan yang diridhai oleh Allah,” katanya.

Dijelaskannya,  kegiatan peringatan Isra dan Mikraj merupakan salahsatu wadah menyosialisasikan sejarah Rasulullah Muhammad SAW saat  menerima kewajiban shalat lima waktu. Kisah itu sudah diketahui oleh seluruh siswa. Namun, yang diharapkan bukanlah sekadar cerita yang dikenang. Akan tetapi, mampu mengaktualisasikan perintah menegakkan shalat. Selain merupakan kewajiban, shalat itu adalah kebutuhan umat Islam.  Karena  dalam shalat banyak pengharapan manusia sebagai hamba atas ridha Allah.

“Iintinya melalui kegiatan ini, diharapkan bagi siswa untuk menegakkan shalat secara totalitas,” ujarnya.

Penceramah, Ustadz Muhdar Yahya, menyampaikan  kisah Isra dan Mikraj, kemudian mewanti-wanti  agar  menjaga shalat lima waktu. “Karena kisah Isra dan Mikraj substansinya adalah shalat,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dikatakannya, untuk mengubah diri dari kelakuan yang buruk, shalat merupakan senjata ampuh menuju keridhaan Ilahi Rabbi. Shalat merupakan penghubung yang dasyat antara hamba dengan Sang Mahakreator sejati Allah Rabbul Arsyil Adzim.

Saat itu hadir Camat Bolo, Dewan Guru, dan  siswa Madrasah setempat. (BK36)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait