Ekonomi

40 Poktan Dapat Bantuan Bibit Bawang Merah

Petani bawang di Kecamatan Woha.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 Kelompok Tani (Poktan) pada 13 kecamatan di Kabupaten Bima segera mendapatkan bantuan bibit bawang merah. Sebagian petani pada sejumlah kecamatan sudah menerimanya.

Bantuan itu di antarannya akan didapat Poktan dari Kecamatan Parado, Monta, Belo, Woha, Langgudu, Ambalawi, Wera, Sape, Lambu, Tambora, Bolo, dan Soromandi.

Kepala Bidang Hortikultara Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Bima, Syahrial, SP, di Bolo Senin (12/06) menjelaskan bantuan benih bawang merah ini sudah mulai direalisasikan. Penyaluran pada Kecamatan Bolo dan Soromandi saat ini merupakan hari ketiga realisasi pembagian benih kepada Poktan.

“Untuk Bolo, ada dua kelompok tani penerima bantuan bibit bawang merah. Semuanya berada di kawasan Desa Sanolo,” ujar Syahrial.

Mengenai bantuan benih bawang merah, kata dia, jatah Kabupaten Bima benar-benar dipangkas oleh Pemerintah Pusat. Tahun 2017 ini, yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Bima sangat berkurang dibanding tahun sebelumnya.

Tahun lalu, Kabupaten Bima mendapat jatah 1.300 hektare, tahun 2017 ini awalnya direncanakan 400 hektare, tapi yang direalisasikan hanya 100 hektare.
Dijelaskannya, bibit bawang merah yang direalisasikan ini terdiri dari dua varietas. Yakni Varietas Keta Monca dan Super Philip. Untuk pengadaan bibit ini akan dilakukan oleh pihak ketiga selaku pemenang pemenang tender yang mendistribusikan bibit.

Dia berharap agar Poktan penerima bantuan maksimal memanfaatkannya sesuai petunjuk dan amanat Dirjen Pertanian. (BK36)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top