Pemerintahan

ADD Dicairkan Sebelum Idul Fitri

Kabid Pemdes, Elfaisal

Bima, Bimakini. – Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2017 bagi desa di wilayah Kabupaten Bima akan dibayarkan sebelum Idul Fitri 1438 Hijriyah. Infoemasi itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Bima, Elfaisal, SEI, MM, Jumat (16/06).

Namun, kata Elfaisal, yang dicairkan ADD dan DDA-nya adalah bagi sejumlah desa yang sudah melengkapi administrasinya. Bagi desa, yang belum lengkap  jangan bermimpi soal ADD dan DDA-nya bisa dicairkan sebelum Idul Fitri.

Dikatakannya, bagi sejumlah desa yang sudah lengkap administrasinya, sudah  diserahkan pada BPKAD pada Jumat (16/06). “Tinggal menunggu apakah BPPKAD  sudah ditransfer semua atau tidak pada rekening masing-masing desa,” tuturnya.

Katanya, persyaratan pencairan ADD dan DDA tahun 2017, desa diwajibkan mènyelesaikan laporan dan administrasi seperti RPU, APBDes, laporan  penerimaan dan rea lisasi keuangan desa tahun 2016  serta Rekom camat atas penyaluran dan pencairan dana ADD dan DDA tahun 2017 yang ingin dicairkan. Untuk pencairan  tahun 2017, harus ada rekomendasi Camat.

Selanjutnya, bagi desa yang sudah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi tersebut, diperkirakan bisa dibayarkan sebelum Idul Fitri. “Akan tapi, semua itu bergantung BPPKAD kapan bisa mtransfer ke rekening desa masing-masing. Bagi desa belum lengkap administrasinya harus bersabar,” ujarnya.

Masih kata Elfaisal, jika desa yang belum lengkap administrasi dan ingin mendapatkan pencairan sebelum Idul Fitri ini,   maka secepatnya melengkapi seluruh administrasi sebagai persyaratan pencairan tersebut.

Dia mengimbau bagi desa yang dibayarakan dananya agar tidak menggunakannya   untuk kebutuhan ber-Idul Fitri,  gunakanlah sesuai alokasi  pada sejumlah program pembangunan yang dicanangkan tahun 2017.

“Jangan gunakan  untuk  belanja kebutuhan Lebaran. Jangan jadikan momentum Lebaran ini menggunakan uang ADD dan DDA, karena hal tersebut akan menjadi bumerang bagi aparatur pemerintah desa sendiri nanti,” ingatnya. (BK29)

Share
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

To Top