Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dishub dan Ditlantas Polda NTB Uji Kelayakan Kendaraan

Pengecekan bus yang dilakukan Dishub-Ditlantas Polda NTB untuk mengetahui kelayakann beroperasi.

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima bersama Ditlantas Polda NTB melakukan uji kelayakan angkutan di terminal Dara Kota Bima, Rabu. Tujuannya untuk memastikan kelayakan sejumlah bus antarkabupaten dan kecamatan menjelang arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Pemeriksaan dimulai dari beberapa sistem operasional, seperti lampu kendaraan, sistem pengereman, kaca kendaraan, sabuk pengaman bagi supir serta kelengkapan dokumen kendaraan.

Kepala Dishub Kota Bima, H Zulkifli, mengaku kegiatan uji kelayakan dilakukan bersama Ditlantas Polda NTB dan turut mengimbau agar supir menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan membawa penumpang. Sebab, masalah mudik, selain kondisi kendaraan, kondisi kesehatan supir juga harus fit.

“Karena keduanya berkaitan, kalau mobil sehat, sementara awaknya sakit sama saja dapat membahayakan perjalanan kendaraan. Apalagi menjelang Lebaran, Keselamatan pemudik, faktor penting itu ada pada kondisi kendaraan serta fisik dan stamina supir,” ujarnya.

Kata Zulkifli, melalui pemeriksaan ini sejak dini dapat mengetahui kendaraan angkutan umum mana yang layak dan tidak. Bagi tidak layak tidak diizinkan beroperasi sampai kendaraan itu diperbaiki.

Kasubdit Diyaksa Ditlantas Polda NTB, Kompol L Adnan, menyampaikan, kegiatan itu merupakan bagian dari pelaksanaan program Kepolisian secara nasional. Jadi bukan hanya saja saat bulan Ramadan, tetapi dilaksanakan pada bulan lainnya.

Diakuinya, kegiatan itu rutin dilakukan untuk mengecek, menguji, dan memeriksa kondisi kendaraan yang layak beroperasi. Sekaligus untuk menekan angka kecelakaan di NTB, yang disebakan kondisi kendaraan dalam kondisi tidak layak. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kasubid Kamsel Dir Lantas Polda NTB, AKBP Made Mudana dan rombongan memantau kesiapan armada angkutan penumpang di Terminal Dara,  Rabu (23/5)....