NTB

 Kades se-NTB Diimbau Transparan Kelola Dana Desa

Wagub saat Safari Ramadhan di Masjid Desa Gegerung Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Selasa malam (13/06/2017).

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si mengajak seluruh kepala desa agar  transparan mengelola dana desa yang disalurkan Pemerintah Pusat, sesuai  kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Himbauan tersebut disampaikan Wagub saat Safari Ramadhan di Masjid Desa Gegerung Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Selasa malam (13/06/2017). Wagub merasa perlu mengingatkan karena dana yang disalurkan ke desa-desa tersebut cukup besar, bahkan mencapai satu miliar lebih. Hal ini menurut Wagub harus dimanfaatkan dengan baik untuk membangun desa, karena desa merupakan kekuatan utama bangsa ini.
Wagub juga menyampaikan dana desa tersebut dapat dipergunakan untuk pemberdayaan desa serta membangun kapasitas masyarakat, khususnya pemuda. Hal ini penting, mengingat sumber daya manusia perlu ditingkatkan untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki.
“Kalau pemuda kita tidak memiliki sumber daya, maka potensi sumber daya alam kita yang melimpah ini sulit untuk dikelola,” ungkap Wagub yang hadir bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Provinsi NTB.
Selaian dana desa, Wagub mengajak seluruh unsur masyarakat untuk menjaga sekaligus mempromosikan seluruh potensi yang ada di NTB, seperti potensi pertanian, kehutanan, peternakan dan pariwisata. Seluruh potensi tersebut sepenuhnya dikelola untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga angka kemiskinan dan kesenjangan yang ada dapat diturunkan.
Pada saat yang sama, Wagub menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat dan Pemerintah Lombok Barat. Untuk Program Bumi Sejuta Sapi, Wagub menyerahkan bantuan dana sebesar Rp. 1.371. 500.000 kepada Pemerintah Lombok Barat, diterima sekretaris daerahnya. Wagub juga menyerahkan bantuan 2 ton beras dan uang 20 juta rupiah. Untuk Paket Usaha Perikanan Budidaya, Wagub menyumbang dana senilai Rp. 5.980.000.000 serta bantuan pembuatan kolam ikan tawar sebesar Rp. 190.000.000. bantuan tersebut masing-masing diterima oleh sejumlah kolompok tani yang ada di Lombok Barat.
Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pertanian, Wagub menyerahkan 44 unit traktor roda dua, 14 unit pompa air, 2 unit rice transplanter, 68 unit hand sprayer, 4 unit car planter, 2 unit mesin, perontok padi, 500 unit cangkul, 7 unit corn sheller dan 8 unit combine harvester serta bantuan mesin/peralatan industri sebanyak 17 paket senilai 208 juta rupiah. Untuk masijd, Wagub menyerahkan uang sebesar 15 juta rupiah . (BK37)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top