Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Kepala SMAN 1 Monta Dilaporkan ke Polres

ilustrasi

Bima, Bimakini.- Masih ingat Nurul Mubin, SS, MPd? Kepala SMAN 1 Monta Kabupaten Bima yang dulu sempat menghebohkan karena kontroversi mutasi, kini dilaporkan dalam suatu kasus. Komite dan Dewan Duru sekolah setempat melaporkannya ke Unit Tipikor Polres Bima Kabupaten dalam dugaan pengelembungan dana BOS dan pemalsuan tanda tangan.
Selain itu, indikasi pungutan liar selama satu tahun lebih memimpin sekolah tersebut.
Sekretaris Komite, Suharlin, SSos, menilai dugaan penyimpangan menguntungkan diri sendiri. Tidak ada pembayaran gaji guru melalui dana BOS, diduga ada pekerjaan fiktif.
“Kami telah mendatangai kantor Kejaksaan Negeri Bima guna meminta saran dan petunjuk dalam mengajukan laporan gugatan tersebut, ini didukung oleh Komite dan Dewan Guru SMAN 1 Monta,” jelasnya Rabu (07/06).
Ketua Tim Penggugat ini mengaku usai berkonsultasi di Kejaksaan, sepakat mengusut tuntas sampai proses hukum dan mendatangi Unit Tipikor Reskrim Polres Bima kabupaten. “Kami sudah melaporkan di Unit Tipikor Polres Bima Selasa (6/6) lalu,” jelasnya.
Suharlin mengaku laporan itu disertakan juga arsip penggunaan dana BOS periode Juli-Desember 2016. Sejumlah nama saksi dihadirkan, seperti Mustakim H A Rahman (Ketua Komite) Umar Zakariah (mantan Bendahara BOS) Wahidin, SPd (mantan Bendahara BOS).
Bersama tim juga mendatangi kantor UPT Layanan Dikmen di Panda untuk mengadu sekaligus melaporkan supaya diteruskan ke provinsi agar meninjau keberadaan Nurul Mubin.
Kapolres Bima melalui Kanit Tipikor IPDA Kadek Sumarta membenarkan adanya laporan dugaan tindak pidana korupsi dilakukan Kepala SMAN 1 Monta. Dalam laporan itu dinilai ada pekerjaan fikrif dan laporan penggunaan dana BOS yang tidak sesuai fisiknya.
“Kami sudah terima laporan, nanti kita akan proses hingga selesai dan meminta dukungan semua pihak membantu proses penyelidikan,” katanya.
Sayangnya, Nurul Mubin belum berhasil dimintai tanggapan mengenai laporan yang dilakukan pengurus Komite dan Desa Guru SMAN 1 Monta. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-Pemerintah Kabupaten Bima di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati H. Dahlan M.Noer kembali mempertahankan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala SDN Inpres Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Hafsah SPd diduga kelola dana Bos sepihak. Hal itu dilakukan Kepsek setempat selama dua...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 81 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bima belum cair Dana BOS lantaran salah input Nomor Rekening...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas (Kadis) Dikbudpora Kabaupaten Bima, Zunaidin, SSos, MM mengimbau seluruh Kepala Sekolah (Kasek) SD maupun SMP agar menggunakan dana Bantuan Operasional...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dunia pendidikan khusus SD dan SMP sederajat di Kabupaten Bima mendapat angin segar. Pasalnya, di tahun 2021 ini terjadi kenaikan dana Bantuan...