Politik

Komisi I Isyaratkan Pansus Seleksi Perangkat Desa

Nurdin Amin

Bima, Bimakini.- Kontroversi  dugaan kebocoran kunci jawaban saat  pelaksanaan seleksi perangkat desa di Kabupaten Bima, kembali direaksi oleh legislatif. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima melalui Komisi I akan membentuk  Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut kasus itu.

Seperti diisyaratkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bima, Nurdin Amin, SH, kepada wartawan Jumat (02/06/2017).

Dijelaskannya, munculnya aksi warga dari berbagai wilayah kecamatan  mengindikasikan  pelaksanaannya menuai masalah. Bupati dan Wakil Bupati harus mengambil sikap terkait hal itu. Pada sisi lain,  Nurdin mengaku, Bupati pernah menyatakan  seleksi perangkat desa secara serentak  itu  tidak ada masalah.

“Kalau tidak ada masalah, kenapa ada kontroversi di kalangan masyarakat. Justru karena diduga ada masalah mengakibatkan masyarakat bereaksi, bahkan hingga menyegel ruangan Kepala DPMD baru-baru ini,” sentilnya.

Mestinya, kata dia, Bupati dan Wabup harus  tanda-tanya terhadap para peserta yang mampu mendapat nilai 100 dari soal 100 nomor.  “Sebab, mustahil dari soal 100 nomor bisa dijawab  benar semua oleh beberapa peserta,” sesalnya.

Jika pun benar dari 100 soal bisa dijawab,  maka hal ini pun menjadi tanda-tanya besar lagi bagi Bupati dan Wabup terkait kualitas soal yang dibuat oleh para  akademisi itu. Komisi I DPRD Kabupaten Bima telah merekomendasikan pada Pemkab Bima agar pelaksanaan seleksi perangkat desa dievaluasi kembali dan  mencopot Kepala  DPMD.

Selain itu, sangat mendukung proses  hukum oleh Polda NTB. Bahkan,  Polda NTB  diharapkan bisa mengejar  terduga  yang menanwarkan kunci jawaban kepada masyarakat.

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bima ini menyatakan apabila rekomendasi tidak ditaatti, maka DPRD melalui Komisi I akan membentuk Pansus. “Jika rekomendasi kita, perihal evaluasi hasil seleksi perangkat desa, maka kita akan bentuk Pansus,” ancamnya.

Mengenai aksi pemalangan ruangan Kepala DPMD, Nurdin meminta Bupati bersikap. Jangan berdiam diri, karena hal itu  bisa memantik amarah masyarakat.  (BK29)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top