Politik

Komisi IV: Kinerja Dikes Amburadul

Muhammad Aminurlah

Bima, Bimakini.- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima memanggil pejabat Dinas Kesehatan (Dikes) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima, Kamis (08/06). Pertemuan itu untuk rapat konsultasi penerapan atau realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017.
Rapat di ruangan komisi setempat itu menjadi ajang ‘interogasi’ bagi pejabat setempat.
Ketua Komisi IV, Muhammad Aminurlah, SE, mengatakan saat itu ada beberapa pertanyaan yang diajukan soal kinerja dan hasil dari program kegiatan terhadap alokasi APBD dan realisasi PAD. Namun, sederet pertanyaan itu tidak satu pun bisa dijawab. Bahkan, pejabat Dikes yang hadir malah saling melempar terhadap pertanyaan yang diajukan.
“Karena tidak ada satu pun yang bisa dijawab, akhirnya rapat dengan Dikes kita skors,” ungkapnya.
Berdasarkan pertemuan yang tidak maksimal itu, dia menilai kinerja jajaran Dikes amburadul. Melirik kondisi itu, Komisi IV meminta Bupati mengevaluasi kembali jajaran Dikes. “Sebab, masalah kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat, jadi harus ditempatkan pejabat yang memiliki kompetensi,” ujarnya.
Mengenai RSUD Bima, katanya, semua data yang dibutuhkan tidak bisa dipenuhi. Seperti data belanja dan pencapaian PAD. “Data pendapatan dan belanja tidak bisa dipenuhi,” bebernya.
Nah, karena tidak bisa memenuhi data yang dibutuhkan, rapat konsultasi juga diskors. “Mereka kami suruh pulang,” ucapnya.
Dia berharap agar jajaran RSUD Bima secepatnya bisa menyiapkan data yang dibutuhkan dalam waktu dekat. Selain itu, mengedepankan Salam, Senyum, dan Sopan (3S) dalam pelayanan masyarakat.
Selain Dikes dan RSUD Bima, Komisi IV juga telah memanggil jajaran Dinas Dikpora dengan Dinsos. Dua dinas ini dalam laporan penerapan APBD dan pencapain PAD sangat bagus.
Hanya saja, untuk Dinas Dikpora, dua posisi Kepala Bidang yang masih lowong secepatnya diisi. Berikut Dinsos agar menambah alokasi anggarannya untuk pemberdayaan masyarakat. (BK29)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top