Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

MTQ dan Festival Ramadhan Desa Maria Dimulai

Bima, Bimakini.- Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Festival Ramadhan Tingkat Desa Maria Kecamatan Wawo, Sabtu (17/6) malam dimulai. Kegiatan yang dihelat Karang Taruna (KT) Pelopor desa setempat dibuka oleh Camat Wawo, Ridwan, S.Sos yang dampinging Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh, Kapolsek Wawo, IPTU Masdidin, SH, Ketua Karang Taruna Pelopor, Mukhlis Aziz, dan Ketua panitia, Nurul Ajazilah dengan menekan tombol.
Pada pembukaan itu diawali pembacaan Kalam Ilahi oleh Qari golongan remaja juara MTQ Kecamatan Wawo 2017, Awalul Khair, kemudian lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ oleh remaja dan pemuda KT Pelopor Desa Maria.

Ketua panitia, Nurul Ajazilah, mengatakan, cabang yang dilombakan tilawah, tahfiz, fahmil, syarhil, khat, adzan, qasidah rebana, busanah muslim, ceramah agama dari Ketua RT dan Kepala Dusun, dan lomba pukul sahur. Kegiatan selain didanai oleh Alokasi Dana Desa (ADD), yuran anggota KT Pelopor, dan bantuan lain yang tidak terikat. Kegiatan kali ini, katanya, bertajuk Melalui MTQ dan Festival Ramadhan kita bebaskan generasi muda dari pengaruh miras dan narkoba.

“Kami bersyukur tiga tahun terakhir ini kepanitiaan dipercayakan kepada karang taruna pelopor,” ujarnya di arena MTQ, Sabtu.

Kades Maria, Nurdin HM Saleh, mengapresiasi peranserta remaja dalam kegiatan keagamaan. Apalagi, mereka sebagai garda terdepan dalam memberantas penyakit sosial seperti miras dan Narkoba, sehingga kondisi keamanan dan kenyamanan tercipta dengan baik.

Namun, disayangkan ada kasus pencurian yang dialami sendiri oleh keluarganya yang kehilangan tiga unit HP saat shalat tarawih, Sabtu malam. Aparat kepolisian bergerak cepat yang diduga sebagai pelaku sudah ditangkan YS dan sedang diproses oleh apparat kepolisian.

“Kita minta agar warga bersiaga, karena menjelang lebaran aksi pencurian pasti marak,” ujarnya.

Lain halnya dengan Camat Wawo, Ridwan, S.Sos. Dia berterimakasi kepada warga Desa Maria dan Maria Utara yang telah menampung yang telah menerima tamu kafilah MTQ Kabupaten Bima dan melayaninya dengan baik. Kabar gembira juga kafilah Wawo meraih peringkat keenam dari 18 kecamatan di Kabupaten Bima, sedangkan MTQ sebelumnya menduduki peringkat 13.

“Kita berharap qari dan qariah hafiz dan hafizah Desa Maria dapat mengharumkan Kecamatan Wawo di tingkat Kabupaten Bima mendatang,” katanya.

Pada Kegitan itu digelar juga Nuzulul Quran yang disampaikan ustaz Muhdar, S.Ag.Kegiatan itu dimeriahkan dengan shalawatan dari SDN Inpers 2 Maria, regu Marawis SMPN 1 Wawo. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Perayaan Hari Jadi Ke-222 Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima NTB 15 Juli 2022, berlangsung meriah dan dibuka oleh Kepala Desa Maria,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Guru ngaji, dai’, aparat masjid dan mushalla, Kader Posyandu, Ketua RT, RW, dan lainnya, Jumat (29/10), menerima insentif selama enam bulan dari...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rupanya ada yang menjadi sorotan dibalik kehadiran Youtuber Atta Halilintar dengan istrinya Aurel Hermansyah di Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebersamaan dalam berkarya dan beramal baik, menjadi poin penting dalam Rapat Kerja (Raker) Karang Taruna (KT) Pelopor Desa Maria Periode 2021-2024 dalam...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepengurusan Baru Karang Taruna (KT) Pelopor Desa Maria Kecamatan Wawo Periode 2021-2024 Dilantik. Pelantikan oleh Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim, di Aula...