Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Qurais Berbagi Penanganan Bencana di Mataram

Walikota Bima, HM. Qurais H.Abidin

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, menjadi pembicara utama dalam kegiatan Workshop Membangun Ketangguhan Bencana di Hotel Aston Inn, Mataram, Rabu (07/06). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Oxfam Indonesia.

Wali Kota Bima diundang untuk berbagi pengalaman penanganan banjir bandang pada bulan Desember 2016 lalu.
Workshop diikuti Kepala Pelaksana BPBD dari berbagai Provinsi dan Kota/Kabupaten. Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, perwakilan BNPB, perwakilan Kementerian Sosial, unsur Forum Pengurangan Risiko Bencana dari berbagai daerah, serta pelaku usaha.
Kegiatan dibuka resmi oleh Country Director Oxfam Indonesia, Budi Kuncoro. Disampaikannya, kegiatan ini bertujuan untuk penguatan kapasitas para stakeholder kebencanaan melalui sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan.
Pemaparan Qurais mencakup gambaran umum wilayah Kota Bima dan analisis kerentanan Kota Bima terhadap bencana alam.
Berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI), Kota Bima berisiko tinggi untuk bencana banjir. Kondisi geografis wilayah sebagian besar terdiri dari perbukitan yang mengelilingi wilayah permukiman.
Kondisi permukiman dilalui dua sungai besar, yaitu Sungai Padolo dan Sungai Melayu.
Qurais menjelaskan kronologis kejadian banjir tanggal 21 dan 23 Desember 2016, hingga langkah-langkah penanganan selama masa tanggap darurat. Saat ini Kota Bima sedang memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.
Secara khusus, dia menyampaikan terima kasih kepada BNPB, TNI, Kepolisian, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemda lain, berbagai Kementerian, masyarakat dari daerah lain, para relawan, NGO, serta berbagai pihak lainnya.
Dia mengapresiasi Oxfam, karena telah membantu membangun ketangguhan di Kota Bima. Mulai dari inisiasi pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana, Tim Siaga Bencana Kelurahan serta pembinaan dan pendampingan untuk BPBD dan Tagana.
“Elemen-elemen ini kami rasakan sangat berperan dalam penanganan banjir di wilayah kami, bersama relawan-relawan lain,” katanya.
Arahan khusus dari BNPB yang kini sedang dilaksanakan oleh Kota Bima adalah penataan drainase, normalisasi sungai, penertiban penataan ruang, penghijauan kawasan hulu serta evaluasi RTRW. Upaya-upaya ini sedang dilaksanakan. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bertindak selaku inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun Perhubungan Nasional Tingkat Kota dan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Luthfi, SE memanfaatkan momentum apel gabungan Pemkot Bima untuk mengutarakan persoalan yang dihadapinya, Senin 4 September...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE akan membuat kebun percontohan di  lahan seluas 1,2 hektar dii Kelurahan Ntobo. Lahan itu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Di penghujung Maret 2022, menuju Usia ke-20 Tahun, Pemerintah Kota Bima kembali menorehkan prestasi yang luar biasa, yakni mendapatkan penghargaan Digital...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kota Bima berhasil mendapatkan Predikat Kepatuhan Standar pelayanan Publik dan masuk 3 teratas Nasional yang berada di zona hijau dengan perolehan...