Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Safari Ramadan di Dodu, Wali Kota Bima Serahkan Bantuan

PLT Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, SIP, MM

Kota Bima, Bimakini.- Safari Ramadan 1438 Hijriyah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mulai Senin (12/06) malam. Dimulai dari Masjid Jami Baiturrahman Lingkungan Dodu I Kelurahan Dodu. Ketua MUI Kota Bima, Drs HM Saleh Ismail menjadi penceramah.

Rombongan dipimpin Wali Kota HM Qurais H Abidin. Hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, anggota DPRD Kota Bima Dapil Rasanae Timur, PLT Sekda, pimpinan OPD, Lurah, para pimpinan organisasi Islam, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kabag Humaspro Setda, Syahrial Nuryadin, mengatakan Safari Ramadan dilaksanakan setiap tahun untuk menguatkan silaturahim antara jajaran Pemerintah Daerah dengan masyarakat. Selain itu, sebagai wadah penyerapan aspirasi masyarakat dan penyampaian informasi pembangunan.

Saat itu, Wali Kota Bima menyampaikan beberapa agenda pembangunan yang sedang dilaksanakan. Satu di antaranya pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang merupakan kerjasama dengan Bank Dunia.
Dia meminta seluruh jajaran pemerintah hingga level Kelurahan agar menyalurkan semua bantuan sosial secara utuh dan transparan, langsung kepada penerima manfaat. “Jangan ada Pungli pada tataran apapun. Semua program bantuan yang ditujukan kepada masyarakat harus bisa diterima secara utuh oleh masyarakat yang menjadi sasaran,” ingatnya.

Dia mengimbau masyarakat dan aparat keamanan menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. “Jangan lagi ada perkelahian antarkampung atau antarkelompok masyarakat hanya karena masalah sepele,” pesannya.
Para tokoh agama diminta tetap menjalankan peran sebagai pengayom untuk memberikan pembinaan dan menyejukkan umat.

Saat itu diserahkan bantuan peralatan dan mesin pertanian dari Pemerintah Kota Bima untuk kelompok tani di wilayah Kecamatan Rasanae Timur. Yaitu 37 unit hand sprayer untuk 7 Kelurahan, yaitu Dodu, Lampe, Nungga, Kodo, Lelamase, Oi Fo’o, dan Kumbe.
Ada 5 unit mesin pompa air untuk 3 Kelurahan yaitu Dodu, Lampe, dan Nungga. Satu unit alat tanam jagung dorong untuk Kelurahan Lelamase.
Selain itu, ada bantuan keagamaan melalui Bagian Kesra Setda Kota Bima. Berupa dana bantuan pembangunan masjid senilai Rp15 juta, 2 gulung karpet, 10 buku agama, 40 sarung, serta 40 mukenah. Bantuan itu diterima H Hasan H Umar, pengurus Masjid Jami Baiturrahman.

Selanjutnya, bantuan 4 Al-Quran bagi TPQ di wilayah Kecamatan Rasane Timur yang diterima secara simbolis oleh TPQ Al-Qomariah. Ada juga insentif bagi imam, bilal, marbot, dan guru mengaji. Masing-masing diterima secara simbolis oleh H Idrus H Mansyur, Abdurrahim H Kasim, A Rahman, dan H Jamaluddin.

Safari ramadhan Pemkot Bima dilanjutkan pada empat kecamatan lainnya. Selasa (13/06) di Masjid Al-Amanah Kelurahan Rite Kecamatan Raba, Rabu (14/06) di Masjid Miftahul Jannah Waki Kelurahan Manggemaci Kecamatn Mpunda.

Kamis (15/06) di Masjid Al-Muwahidin Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat. Terakhir Jumat (16/06) di Masjid Baburrahman Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE,  Wabup Drs.H Dahlan M Noer, melanjutkan Safari Ramadan kedua di di Masjid Baiturrahim Desa Roi,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyerahkan bantuan kepada masyarakat dan pemerintahan Kabupaten Sumbawa. Bantuan tersebut diserahkan Gubernur saat safari ramadhan di Masjid...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyerahkan bantuan Rp 20 miliar lebih kepada kelompok-kelompok masyarakat saat Safari Ramadhan di Masjid Al-Abrar, Desa Bre,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, melanjutkan kegiatan Safari Ramadan dengan mendatangi Masjid Baitul Hamid, Kelurahan Panaraga, Kota Bima, Kamis...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM. Noer, M. Pd, safari ramadhan 1441 H 2019 di Masjid At-Takwa Desa Labuan Kananga...