Pemerintahan

Sekda: Sucikan Diri melalui Zakat Fitrah

FOTO Iphul: Sekda HM Taufik saat menyampaikan arah pada kegiatan Safari Ramadan di Desa Palama Kecamatan Donggo, Jumat malam.

Bima, Bimakini.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs HM Taufik HAK, MSi, mengajak seluruh umat Islam di wilayah Kabupaten Bima agar  menyucikan diri melalui membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan.

“Mari kita  menyucikan diri melalui cara membayar kewajiban pada bulan suci Ramdan ini, yaitu membayar zakat fitrah,” ajak Sekda  saat Safari Ramadan 1438 Hijriyah di Masjid Sabilul Muhtadin Desa Palama Kecamatan Donggo, Jumat (16/06) malam.

Dikatakannya, membayar zakat adalah salahsatu rukun Islam yang harus dijalankan oleh umat Islam saat Ramadhan untuk meraih fitrah. “Fitrah yang dimaksud adalah agar diri kita berada dalam kondisi suci laksana seorang bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya tanpa berlumuran dosa,” terangnya.

Dijelaskannya, bila sudah membayat zakat fitrah pada setiap bulan puasa, maka secara tidak langsung pada setiap tahun telah menyucikan diri.  “Mari kita menyucikan  diri kita dengan membayar zakat fitrah agar pada hari kelak kita meraih kemenangan di hadapan Sang Khalik,”  ajaknya.

Saat itu, Sekda menyinggung Alokasi Dana Desa (ADD). Dalam pengelolaan dan penggunaannya  seluruh Kades harus bisa mengelolanya sesuai program yang telah dicanangkan berdasarkan aspirasi masyarakat.

“Para Kades, gunakanlah ADD untuk sejumlah program pembangunan yang telah dicanangkan agar desa mengalami kemajuan berikut masyarakatnya disejahterahkan melalui program pemberdayaan,” ingatnya.

Selain itu, Sekda juga menegaskan betapa pentinganya  Kamtibmas dalam suatu daerah. Kamtibmas menjadi faktor utama  kesuksesan  seluruh program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dia mengingatkan jika ada masalah yang terjadi agar  dibicarakan atau diupayakan solusi  terbaik bagi semua, sehingga Kamtibmas tetap terjaga. “Tidak terjadi instabilitas yang dapat merugikan kita,” pinta Sekda.

Masih kata Sekda, tugas pokok Kepala Daerah adalah menjaga Kamtibmas, peningkatan pembangunan, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dari tiga tugas pokok itu, Bupati-Wakil Bupati Bima telah merangkumnya dalam sebuah Visi-Misi Bima RAMAH.

Untuk terwujudnya Bima RAMAH, kata Sekda, tentu perlu dukungan semua masyarakat, terutama proaktif meciptakan Kamtibmas di wilayah masing-masing. “Sebab jika Kamtibmas terjaga, maka seluruh program yang dicanangkan akan berjalan lancar dan sukses. Kalau seluruh program berjalan sukses, maka masyarakat dan kita akan sejahtera,” urainya.

Sebagaiman kegiatan Safari Ramadan,  juga dibacakan bantuan untuk pembangunan masjid/mushalla di kecamatan setempat oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima. Jumlah  totalnya  Rp160 juta.

“Bantuan itu sudah dimasukan langsung lewat rekening pengurus Masjid dan Mushalla masing-masing,’ tutur Kabag Kesra Setda, H Nasrullah, SSos. (BK29)

 

 

Share
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

To Top