Pendidikan

SMPN 8 Kota Bima Gelar Lomba Semarakan Ramadan

DOK SMPN 8: Suasana kegiatan lomba memeriahkan Ramadan di SMPN 8 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Pascakegiatan ulangan semester genap 2017, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Kota Bima mengisinya melalui berbagai kegiatan keagamaan. Tujuannya untuk meningkatkan aspek keimanan dan ketaqwaan siswa. Kegiatan yang dilakukan adalah Lomba Bacaan Shalat, yaitu membaca Surat Al-Fatihah  bagi siswa kelas 7 dan kelas 8.

Kepala SMPN 8 Kota Bima, Abdul Karim, SPd, MPd, mengaku sengaja memilih jenis lomba itu karena ketika membaca Surah Al-Fatihah bisa salah, sekali pun pada orang dewasa. Ini pula merupakan bacaan wajib dalam shalat lima waktu.

“Maka siswa perlu dibiasakan secara dini membaca secara baik dan benar,” ujarnya melalui email, Rabu sore.

Disamping itu, kata mantan Kepala SMPN 1 Kota Bima ini, kegiatan ini untuk mengisi waktu lowong agar siswa tidak melakukan hal hal yang menjurus pada perilaku negatif. Apalagi dalam suasana Ramadan.

Dijelaskannya, kegiatan lomba berlangsung  mulai tangga; 14 dan 15 Juni 2017. Puncaknya adalah acara pembagian rapor pada tanggal 17 Juni 2017. Nanti akan dimeriahkan pengumuman dan pemberian hadiah bagi juara juara kelas untuk prestasi akademik maupun lomba ekstrakurikuler dan Lomba Ramadan.

Kata Karim, kegiatan ini juga untuk mengefektifkan peranserta seluruh guru. Bagi guru guru yang tidak bertugas mengolah nilai rapor siswa, akan dimanfaatkan untuk membina siswa pada bidang ekstra lainnya. Disadarinya, untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah tidak bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. “Melainkan perlu peranserta seluruh warga sekolah, tentunya dukungan orang tua, masyarakat, dan pemerintah,” demikian Karim. (BK22)

 

 

Share
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

To Top