Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

BPOM RI: Kenali Makanan Sehat!

Kepala BPOM RI, Dr Penny Kusumastuti Lukito di Pasar Amahami.

Kota Bima, Bimakini.-   Kepala BPOM RI, Dr Penny Kusumastuti Lukito, mengajak masyarakat agar mengenali makanan sehat bagi anak-anak dan melaporkannya kalau menemukan prodak berbahaya.

Dia menyampaikan melalui makanan bermutu, bergizi, aman anak-anak  bisa sehat dan bisa belajar giat, dan cerdas. Selanjutnya generasi bangsa akan lebih pintar dan SDM bagus untuk kemajuan bangsa. Anak-anak SD, SMP sampai SMA sekaranglah yang akan menggantikan generasi bangsa saat ini.

“Kalau generasi muda dan anak sejak dini tahu dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta aman dari bahan berbahaya, maka bangsa ini kedepan akan lebih besar lagi dan dapat bersaing dengan negara lainnya,” ujarnya di SDN 11 Kota Bima, Rabu.

Apalagi, kata dia, NTB pun sudah dicanangkan Program Generasi Emas  tahun 2025 nanti. Jadi anak-anak ini adalah generaai emas nanti, untuk itu harus sehat. Oleh karena itu,  makanlah makanan yang sehat, hidup sehat selalu olahraga.

“Jangan hanya main game, bisa hanya sekali  saja, lebih baik bermain yang sehat, banyak sekali cara permainan tradisional yang sehat seperti berolahraga,” ingatnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mengenai keberadaan BPOM, diakuinya, sudah ada pada seluruh wilayah Nusantara. Presiden RI akan menguatkan posisi BPOM sampai ke kota dan kabupaten untuk mendekat pelayanan. “Ini demi pelayanan pengawasan keamanan terhadap peredaran produk-produk berbahaya,” ujarnya.

Dia berpesan kepada orang tua  agar selalu membeli makanan yang sehat dan aman. Namun, sebelum membeli agar teliti memeriksanya.

Mengenai pesan Wawali soal penyalahgunaan Tramadol, Penny mengatakan kalau Tramadol dikonsusmi harus ada resep dari Dokter. Kalau melebihi efeknya akan berbahaya.
Imbasnya anak akan mengalami sakit bila terus mengonsumsinya secara berlebihan. Organ tubuh akan rusak.

Lebih parahnya lagi, ditakutkan  selain anak mudah sakit serius, juga produktivitas anak  menurun sehingga kecerdasannya pun ikut terganggu. “Jadi hati-hati konsumsi obat,  harus melalui  resep Dokter. Beli di apotek,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Penny mengingatkan peran orang tua penting bila menemukan gelagat anak yang mengonsumsi Tramadol dan segera melaporkan ke BPOM atau Kepolisian.

Kepada pedagang makanan dan penjual obat berbahaya, Penny mengingatkan jangan hanya memikirkan keuntungan ekonomi semata, tetapi juga memikirkan kesehatan generasi bangsa ke depan.  (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, melakukan sidak takjil bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram. Sidak dilakukan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, memberikan arahan kepada BPOM agar melakukan edukasi kepada masyarakat terkait kesehatan makanan....

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima,  Bimakini.- Penjabat Walikota Bima, Drs H Wirajaya Kusuma, MH, Rabu (9/5)  menerima Kepala Balai Besar POM Mataram, Nengah Swarningsih bersama jajarannya. Penjabat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima, BPOM dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima Inspeksi Mendadak (Sidak),...

NTB

Mataram, Bimakini.– Maraknya penyalahgunaan tramadol saat ini menaruh perhatian serius Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. Tuan Guru Bajang (TGB), sapaan akrab Gubernur...