Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Hari Pertama Masuk, MIN Kota Bima Langsung KBM

FOTO BIM: Suasana saat upacara Senin pagi berlangsung di halaman MIN setempat.

Kota Bima, Bimakini.- Bagaimana suasana hari pertama masuk sekolah, Senin (17/07/2017) lalu? Ada yang berbeda di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bima. Terlihat lebih ramai dari biasanya. Para wali murid kelas I mengantar anak-anaknya memasuki lingkungan pendidikan baru setelah melalui tahapan seleksi, beberapa waktu lalu.

Saat upacara rutin Senin, suasana lebih meriah. Ada barisan wali siswa yang berdiri di belakang buah hati mereka. Selain itu, memenuhi  lorong  antara kelas I/B dan I/C. Kadang di tengah upacara berlangung, terlihat orang tua menenangkan anaknya yang berulah dan keluar barisan upacara.

Kepala MIN Kota Bima, Drs Adnan, yang menjadi Pembina Upacara mengucapkan selamat datang dan  ahlan wa syahlan. Dia mengapresiasi orang tua murid yang memercayakan pendidikan anaknya pada MIN untuk  pembinaan masa depan mereka.

Saat hari pertama masuk sekolah ini, Adnan mengajak agar mengobarkan semangat untuk pendidikan dari ayunan Ibu hingga liang lahat. Pola pendidikan yang seperti itu diakui oleh pakar Barat.

Memilih berada di MIN Kota Bima, dalam pandangan Adnan merupakan pilihan tepat, karena ada tradisi prestasi dan komitmen jajaran madrasah. “Saya berpendapat, pilihan Bapak dan Ibu pada MIN sangat tepat,” katanya.

FOTO BIM: Siswa kelas I saat mengikuti upacara bendera untuk pertama kalinya.

Mengapa? Adnan pun menguraikan argumentasinya melalui rangkaian prestasi siswa MIN Kota Bima akhir-akhir ini.  Disebutkannya, MIN meraih prestasi tiga kali mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional untuk pelajaran Matematika. Pada tanggal 7 Agustus 2017 nanti di Yogyakarta, Khalilatunnisa (kelas V/A) akan mewakili NTB. Selain itu, pada pelajaran Sains siswa kelas V/A atas nama Aitunisa meraih juara II.

Siswa MIN Kota Bima atas nama Azani Rizki Rahmatia, meraih juara I Kompetisi Aksioma pada pelajaran Bahasa Indonesia. Azani juga akan berlaga di Yogyakarta pada 7 Agustus nanti.  Itu untuk prestasi akdemik.

Bidang nonakademik,   kemampuan menghafal Al-Quran anak-anak memadai. Puluhan anak  sudah menghafal juz 30 Al-Quran. Sudah ada yang menghafal 5 juz,  masih banyak lagi yang menghafal 2 juz dan 3 juz.

Saat itu, Adnan memastikan proses kegiatan belajar-mengajar langsung diaktifkan Senin itu juga. Ruangan kelas sudah dibersihkan akhir pekan lalu demi keinginan langsung belajar pada hari pertama masuk sekolah. Mengenai jadwal pelajaran harian ditentukan oleh wali kelas dan wali siswa  tinggal berkoordinasi.

FOTO BIM: Kepala MIN Kota Bima saat menyerahkan trofi kepada tiga siswa berprestasi.

Adnan pun mengajak agar  meningkatkan kedisiplinan dan pukul 07.00 WITA setiap hari KBM dimulai.  Selain kedisiplinan, Adnan juga meminta agar kebersihan diperhatikan. “Taman ditingkatkan kebersihannya, bunga disiram,” harapnya.

Usai upacara, Adnan menyerahkan trofi kepada tiga siswa yang telah mengharumkan nama MIN Kota Bima pada ajang Provinsi NTB. Dua orang menembus level nasional, satu lainnya hanya meraih juara kedua.

Tiga tambahan prestasi itu semakin menambah banyak torehan yang diraih siswa MIN Kota Bima pada level daerah, Provinsi NTB, dan nasional. (BK22)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait