Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Papan Informasi ADD/DDA Donggobolo Diapresiasi Warga

Papan Informasi penggunaan APBDes bersumber dari ADD yang dipasang di Desa Donggobolo.

Bima, Bimakini.- Papan informasi wajib ada pada setiap pekerjaan menggunakan dana bersumber dari APBD maupun APBN. Sebagai bentuk tansparansi,  di Desa Donggobolo Kecamatan Woha Kabupaten Bima papan informasi dipasang setiap dusun. Tujuannya memenuhi sisi keterbukaan pada masyarakat.

Warga Donggobolo, Ruslan Mustamin, Kamis (20/07/2017)  mengapresiasi kinerja Kepala Desa dan jajarannya. Melalui  papan informasi yang terpasang pada beberapa titik terkait penggunaan dana desa, masyarakat bisa mengetahuinya.

“Saya puas kinerja pemerintah Desa Donggobolo yang transparan dalam menjalankan roda pemerintahan. Jika Pemdes transparan, menandakan Kepala Desa taat aturan,” nilainya.

Menurut Ruslan, pemasangan papan informasi setiap titik-titik program desa yang menggunakan dana desa merupakan bentuk kepatuhan dan patut  dicontoh oleh Kades lainnya.

Hal itu, katanya, sesuai Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, isinya   Desa atau Kelurahan wajib menerapkan konsep pemerintahan terbuka. Satu di antara poin Permendagri itu adalah mengumumkan pengelolaan dan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) melalui baliho, pamflet, spanduk, dan website desa yang bisa diakses oleh masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi, karena salah satu poin Pengelolaan Dana Desa diatur dalam Permendagri telah dijalankan oleh Pemdes,” tuturnya.

Kades Donggobolo, Tolhab, SSos, mengatakan hal ini dilakukan setelah  melalui proses musyawarah  tingkat desa. Hasilnya  bantuan Dana Desa wajib diumumkan melalui spanduk atau baliho dan diletakkan pada empat titik.

“Kami bekerja sesuai petunjuk dan arahan Tim Kecamatan dan surat edaran dari KPK, bahwa setiap pekerjaan program menggunakan ADD dan DDA wajib ada papan informasi,” pungkasnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Suaidin SH membantah semua tuntutan sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tuntut transparansi Dana Desa Tahun 2020, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Rasabou (Ampera) gedor kantor desa setempat, Kamis (18/3), sekitar pukul 09.43 Wita....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pengukuran bidang tanah atau penerbitan sertifikat tanah program prona secara gratis tahun 2019 oleh Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Bima, dipertanyakan....

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Seperti apa perkembangan kasus dugaan pungutan liar (Pungli) dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI oleh Sekretaris Desa Donggobolo, Kecamatan Woha, Kabupaten...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Seperti apa perkembangan penanganan laporan pengaduan masyarakat terkait dugaan pungutan liar (pungli) dana BST Kemensos RI oleh Sekdes Donggobolo, Kecamatan Woha, Suryaddin?...